TIDAK ADA YANG MUSTAHIL BAGI TUHAN

Yang paling kecil akan menjadi kaum yang besar, dan yang paling lemah akan menjadi bangsa yang kuat; Aku, Tuhan, akan melaksanakannya dengan segera pada waktunya (Yes. 60:22)

Hak. 6:11-24 BE. 774:1 Efs. 5:6-14

Ayat ini mengandung janji yang luar biasa indahnya kepada umat Israel yang baru pulang dari pembuangan. Jumlah mereka tidak banyak, mereka lemah, tidak ada pasukan menjaga keamanan, tembok Yerusalem dan Bait Suci juga sudah runtuh. Tanah mereka sudah didiami orang lain. Tidak ada lagi secercah pun harapan. Tetapi kepada mereka inilah ditujukan firman Tuhan ini. Keadaan mereka akan diubahkan secara luar biasa. Memang begitulah kehidupan bangsa pilihan Allah ini. Kalau mereka berserah total kepada Tuhan, maka Tuhan yang berperang bagi mereka. Mereka melewati laut Teberau karena pertolongan Tuhan. Mereka mengembara di gurun Sinai empat puluh tahun dengan roti manna yang turun tiap hari. Mereka merubuhkan tembok Yeriko tanpa melepaskan satu panah pun. Semuanya hanya karena pertolongan Tuhan. Intinya, kalau mereka berserah kepada Tuhan, maka Tuhan yang berperang untuk mereka. Sekarang Tuhan memberikan janji kepada mereka: Yang paling kecil menjadi kaum yang besar, yang lemah akan menjadi bangsa yang kuat. Mungkihkah? Mungkin, karena tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Tuhan berkata: Aku Tuhan akan melaksanakan-nya segera pada waktunya. Itu jugalah janji bagi kita orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Dia akan membuat kita kuat dan besar untuk melakukan kehendakNya di negeri ini. Jangan pernah tawar hati atau kecut, karena Tuhan Yesus senantiasa memelihara kita. Dia selalu menguatkan kita. Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan dan tidak ada yang mustahil bagi orang percaya.

Doa : Kami percaya kepadaMu Tuhan Yesus, bahwa Engkau akan membuat kami kuat dan besar di negeri ini untuk melakukan kehendakMu. Amin. (RP)