LAKUKANLAH APA YANG BERGUNA BAGI TUBUH KRISTUS

Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun (1 Korintus 6:12)

Kel. 20:1-21                               BE. 162:5                               Yak. 1:2-8

Kita diingatkan,  tubuh kita ini adalah bait Roh Kudus yang kita peroleh dari Allah dan bahwa kita bukan milik kita lagi, sebab kita telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu kita muliakanlah Allah dengan tubuh kita. Dalam 1 Korint 10:31 tertulis  perintah bagi kita untuk melakukan segala sesuatu: “Jika engkau makan atau jika engkau minum atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain,  lakukanlah itu untuk kemuliaan Allah”. Kita boleh makan segala sesuatu karena itu halal kalau kita terima dengan ucapan syukur. Tetapi kalau orang di sekitar kita tersandung karena makanan kita, hentikanlah itu jangan membuat orang tersandung, atau jangan jadi batu sandungan. Segala sesuatu halal untuk kita, tetapi jangan sampai kita diperhamba olehnya. Kita mempunyai kebiasaan atau hobbi yang menyenangkan hati, itu boleh dilakukan tetapi jangan sampai penghambat persekutuan kita dengan Tuhan Yesus.

Yang lebih khusus diingatkan kepada kita, supaya kita sadar bahwa tubuh kita ini adalah bait Roh Kudus. Karena itu harus digunakan untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan hati Tuhan. Mulut, mata, tangan, kaki semuanya untuk digunakan melakukan hal-hal yang baik yang menyenangkan hati Tuhan. Kita diingatkan untuk menghasilkan “buah roh”. Iblis terus mengintip di sekeliling kita untuk menjatuhkan kita, karena itu tetap berjaga-jaga. Jangan sampai jatuh ke dalam perjinahan atau percabulan. Semua harus berjaga-jaga, baik pendeta ataupun jemaat. Marilah memuliakan Tuhan dengan tubuh kita.

Doa :      Tuhan Yesus, ajari dan tuntunlah kami untuk melakukan hanya yang berguna bagi pembangunan tubuhMu yaitu kesatuan orang-orang percaya. Amin. (RP)