KEMULIAAN KEKAL ITU AGUNG

Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami (2 Korintus 4:17)

1 Raja 19:9-18                           BE. 281:5                              Rm. 11:1-6

Tema kitab 2 Korintus adalah ”Kemuliaan Melalui Penderitaan”. Pada pasal 4 ini Paulus menekankan tentang pelayanan dalam penderitaan pribadi. Setiap insan di bumi ini tidak terlepas dari kesukaran dan penderitaan, baik yang bersifat sementara atau yang berkelanjutan. Di ayat 16 dijelaskan bahwa manusia secara alamiah akan menjadi tua, dan kemampuan fisiknya akan semakin merosot dengan konsekuensi akan menambah penderitaan. Namun, bagi orang percaya, manusia batiniahnya, roh dan jiwanya terus mengalami pem-baharuan oleh pertolongan Roh Kudus.

                Sesuai nats ini, kesukaran yang dipikul oleh orang percaya, yang tetap setia kepada Kristus, adalah ringan dibandingkan dengan kelimpahan kemuliaan yang dimiliki melalui Kristus. Sebagian kemuliaan ini telah ada saat ini, dan akan dialami sepenuhnya di masa yang akan datang dalam kehidupan kekal. Apabila kita mencapai warisan sorgawi kita, maka kita akan mengatakan bahwa kesengsaraan yang paling berat pun di dunia ini, tidak berarti dibandingkan dengan kemuliaan kekal itu.

             Memahami kebenaran ini, kita tidak boleh hilang pengharapan  atau melepaskan iman kita sewaktu kita menghadapi berbagai masalah. Akan tetapi kita mampu bersukacita di dalam pengharapan, bersabar dalam kesesakan dan tekun berdoa (Roma 12:12). Kemuliaan yang agung di sorga kelak akan menguatkan kita menuju kemenangan! Bahkan Tuhan Yesus berjanji akan menyertai kita sampai dengan kesudahan akhir zaman. Dan ingatlah, bahwa bersama Tuhan Yesus, kita akan menjadi lebih dari pemenang.

Doa :      Terima kasih Tuhan Yesus untuk  anugerah hidup kekal bagi kami. Kemuliaan kekal di sorga sungguh agung, menguatkan kami menghadapi penderitaan. Amin. (TAS)