HATI YANG BARU DAN ROH YANG BARU

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat (Yehezkiel 36:26)

Yer. 1:4-10 BE. 102:2 Kis. 8:4-13

Memasuki tahun 2020, Tuhan berjanji kepada kita bahwa Dia akan memberikan “hati yang baru dan roh yang baru” untuk semua manusia. Artinya, Tuhan memperbaharui hati dan roh kita dengan menempatkan hati dan roh yang sanggup bekerja dan berpengabdian serta lebih berkualitas ke dalam roh dan hati kita yang lama. Membuat dan memberi hati baru dan roh baru serta menempat-kannya dalam batin kita, merupakan inisiatif Tuhan sendiri. “Memberi hati baru dan roh baru dalam batinmu”, ini adalah kalimat yang menunjukkan bahwa semua pemberian itu adalah anugerah Tuhan, agar hidup kita berkualitas dan berkenan kepadaNya sehingga kita dapat menikmati janji-janji yang telah dinyatakanNya kepada kita. Roh dan hati yang berkualitas mampu memperbaharui pola pikir dan perilaku kita kepada Tuhan dan sesama manusia. Dengan memiliki roh dan hati yang berkualitas, kita terhindar dari sikap hati yang keras. Tetapi sebaliknya, hati kita akan dipenuhi ketaatan kepada Tuhan. Hati yang keras menimbulkan penyakit egois, iri, dendam, rakus, yang menimbulkan berbagai penyakit fisik: lambung, kanker, ginjal dan sebagainya. Tetapi hati yang taat kepada Tuhan, membuat kita berpikiran positif, jujur, rendah hati, mengampuni, penuh kasih, mau berkorban. Karakter seperti itu dapat menjauhkan berbagai sakit penyakit, sehingga hidup kita menjadi penuh sukacita. Karena itu, mari, berikanlah hati dan rohmu untuk diperbaharui Allah dengan Roh KudusNya, sehingga kita menjadi manusia yang taat kepada Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama.

Doa : Terima kasih Tuhan, telah memberikan hati yang baru dan roh yang baru di dalam diri kami, supaya kami selalu taat melakukan kehendakMu. Amin. (DEL)