BAHAGIA TAKUT AKAN TUHAN

Berbahagialah orang takut akan Tuhan, yang sangat suka kepada segala perintahNya (Mazmur 112:1)

Rut 3:1-13                                BE. 247:1                              Luk. 6:17-25

Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan. Takut akan Tuhan adalah didikan yang mendatangkan hikmat. Takut akan Tuhan adalah sumber kehidupan dan umur panjang. Ganjaran kerendahan hati dan takuk akan Tuhan, adalah kekayaan, kehormatan, dan kehidupan. Dalam takut akan Tuhan ada ketentraman yang besar, bahkan ada perlindungan bagi anak-anaknya. Setiap orang yang takut akan Tuhan akan membenci kejahatan, kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat dan mulut penuh tipu muslihat (Amsal 8:13). Itulah sebabnya orang yang takut akan Tuhan menjadi hidup berbahagia.

                Ciri-ciri orang yang takut akan Tuhan adalah sangat suka melakukan segala perintah Tuhan, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkanNya, mengasihi Dia dan beribadah kepadaNya dengan segenap hati dan jiwa. FirmanNya berkata demikian: “Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh Tuhan Allahmu? Selain dari takut akan Tuhan, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkanNya, mengasihi Dia, beribadah kepada Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu” (Ulanganan 10:12).

                Bahagia orang yang takut akan Tuhan adalah suka melakukan perintahNya mengasihi Tuhan dan sesame mmanusia, sebagaimana Tuhan Yesus mengamanatkan: “Kasihilah Tuhan Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesama manusia seperti dirimu sendiri” (Mat. 22:37-39). Kita mengasihi Allah dan sesama manusia karena Allah telah lebih dahulu mengasihi kita di dalam Yesus Kristus.

Doa :      Tuhan, tuntun kami untuk selalu takut akan Engkau, melakukan perintahMu mengasihi Engkau dan mengasihi sesama manusia. Amin. (PJS)