BERTOBATLAH

Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus (Kisah Para Rasul 2:38)

Yes. 51:1-16 BE. 678:1+3 Mat. 12:15-21

Petrus memberi nasihat dan penghiburan ini kepada orang Yahudi yang sedih karena menyadari dosanya kepada Yesus setelah mendapat keterangan Petrus bahwa peristiwa Pentakosta adalah sesuai nubuat nabi Yoel (Yoel.2:28-32) dan Yesus adalah Mesias. Petrus meyakinkan mereka akan pengampunan dan karunia Roh Kudus bagi yang bertobat dan dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Dalam berita Alkitab, Israel berulang kali murtad kepada Allah, tapi Allah setia mengasihi orang pilihanNya. Allah selalu mengampuni bila umatNya bertobat dan mau berbalik kepadaNya. Kerusuhan masal dalam penyaliban Yesus menggambarkan orang Yahudi menolak Mesias, namun Allah tahu masih ada sisa-sisa orang percaya, yang suaranya hilang tertelan gemuruh suara terbanyak dan yang goncang imannya karena minoritas di tengah massa yang ganas. Petrus mendorong orang Yahudi yang diinjilinya untuk bertobat, keluar dari kelompok yang jahat itu. Roh Kudus bekerja dalam Penginjilan Petrus, sehinga 3.000 orang bertobat dan tekun dalam hidup baru sesuai Injil, dan merekalah cikal bakal gereja mula-mula (Kis.2:41-42). Firman Tuhan hari ini mengingatkan bahwa pertobatan yang benar bukan karena takut akan akibat dosa, tapi yang mau membenci dan meninggalkan dosa dengan memperbaharui pengenalan akan Allah Bapa dalam Yesus Kristus dan memasuki hidup yang mencintai Firman Tuhan dan kebenaranNya.

Doa : Ya Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus, ampunilah dosa-dosa kami. Berilah hikmat dalam kuasa Roh Kudus pada kami untuk hidup dalam pertobatan yaitu hidup yang mencintai kebenaranMu. Amin. (BDFS)