Minggu Sesudah Tahun Baru

ALLAH ADALAH ALLAH YANG BAIK

Ep. Mazmur 147:12-20

Sama seperti Pemazmur ini, kita merasa beruntung sekali memiliki dan mempercayai Allah Yahwe yang telah datang di dalam Tuhan Yesus Kristus. Karena Dia adalah Allah yang sangat baik. Karena kebaikanNya, Allah memberikan segala sesuatu yang kita perlukan baik jasmani maupun rohani. Bahkan, di dalam Tuhan Yesus, Dia telah memberikan keselamatan sempurna dan hidup kekal bagi kita. Dia meneguhkan palang pintu gerbang kita (Ayat 13a), sehingga kita tetap aman dalam naungan sayapNya yang kuat. Tuhan menjamin kelangsungan regenerasi melalui kelahiran keturunan bagi kita (Ayat 13b); memberikan kesejahteraan bagi negeri sehingga makanan kita tercukupi (Ayat 14). Dia memerintah bumi untuk memberikan hasilnya, dan bumi segera melakukannya. Hujan, salju, embun dan panas matahari secara teratur diberikan untuk menyu-burrkan tanah dan memungkin seluruh siklus kehidupan dan ekosistem berjalan dengan baik (Ayat 15- 16). Tuhan terus memberikan FirmanNya (Ayat 18- 19), baik melalui para hambaNya, melalui Alkitab, bahkan melalui media sosial dan alat komunikasi canggih sekarang ini. Itulah menjadi tuntunan hidup bagi kita, sehingga jalan kita tidak tersesat. Itu nyata dalam hidup kita. Hanya orang bodoh, yang arogan dan buta rohani yang tidak mengakuinya. Bila kita mengakuinya, maka haruslah kita memegahkan, bermazmur, memuliakan Tuhan sepanjang hidup kita. Bukan hanya dengan ritus atau ibadah keagamaan tetapi yang terutama melalui hidup keseharian kita. Kita memegahkan Tuhan melalui cara hidup yang kudus. Apapun yang kita lakukan haruslah menjadi pujian bagi Allah, hanya untuk mengagungkan nama Tuhan.

Doa : Ya Tuhan, kami bersyukur memiliki Engkau Allah yang sungguh-sungguh baik. Ajar kami agar kami memuliakan-Mu melalui cara hidup kami yang kudus. (STPS)

ALLAH ADA DI TENGAH-TENGAH KITA

Ev. Yohanes 1:14-18

Tuhan memberi nats hari ini menjadi pegangan kokoh bagi kita dalam menjalani tahun baru ini: Pertama, Firman yang ada pada mulanya, yang berkuasa mencipta dari yang tidak ada menjadi ada, telah menjadi daging di dalam Yesus. Dialah Allah yang sudah menjadi manusia di dalam Tuhan Yesus, agar Yesus menjadi Juruselamat bagi kita dan menanggung segala kelemahan kita. Itu meyakinkan kita, bila kita mau menerima Yesus, maka bagi kita ada kepastian bahwa Dia akan menyelamatkan kita. Dia adalah Allah yang sudah menjadi manusia. Kepastian keselamatan inilah mengokohkan jalan kita menjalani hari-hari kita tahun ini karena bagi kita ada pengharapan akan hidup kekal di dalam Yesus. Kedua, Allah di dalam Yesus tinggal di tengah-tengah kita. Dia siap membantu kita di tengah ancaman, memberi kekuatan ketika kita lemah, memberi kepastian ketika kita ragu-ragu. Menyembuhkan penyakit dan menguatkan kita menjalani era perubahan yang cepat ini. Ketiga, dari ayat 16 jelas, semua yang ada pada Allah, yaitu kekuatan, kemuliaan, hikmat, pengetahuan dan kemahakuasaan terutama kasih yang tak terhingga akan dicurahkanNya kepada kita dalam segala kepenuhanNya. Tiada hentiNya dia akan memberkati kita. Itulah jaminan bagi kita menapaki tahun ini. Memang kita bisa saja akan mengalami derita dan kesulitan. Kita bisa lemah, ragu dan takut. Tetapi hari ini, kita diberi jaminan, bahwa kita memiliki Tuhan Yesus yang Mahakuasa. Sang Juruselamat itu sudah ada di tengah-tengah kita, yang siap siaga membantu kita. Yang perlu, letakkan seluruh hidupmu di tanganNya, Jangan sebentar pun terpisah dari Tuhan agar kuasaNya mengalirimu terus menerus sepanjang hidupmu.. Doa : Ya Tuhan Yesus, Firman yang telah menjadi daging, kami menyerahkan seluruh hidup kami ke tanganMu sepanjang tahun ini, berjalan bersamaMu. Amin. (STPS)