TERANG UNTUK BANGSA BANGSA

Perhatikanlah suaraKu, hai bangsa-bangsa, dan pasanglah telinga kepadaKu, hai suku-suku bangsa! Sebab pengajaran akan keluar dari padaKu dan hukumKu sebagai terang untuk bangsa-bangsa (Yes 51:4)

Kej. 12:1-7 BE. 18:6 Ibr.11:1-12

Allah mendorong kaum Israel yang masih tetap setia mencari Tuhan dan kebenaranNya untuk menaruh keyakinan penuh bahwa suatu hari Dia akan mendirikan kerajaanNya di bumi. Janji ini diulang dalam Perjanjian Baru (Why. 11:15). Percaya adalah unsur yang sangat diperlukan untuk berserah diri. Kita tidak akan berserah diri kepada Allah kecuali jika kita mempercayaiNya, tetapi kita tidak bisa mempercaiNya sebelum kita mengenal Dia dengan lebih baik. Semakin kita menyadari betapa Allah mengasihi kita semakin mudah kita percaya dan menyerahkan diri kepadaNya. Dalam nats ini Tuhan meyakinkan Israel dan kita bahwa Dia adalah Tuhan yang Mahakuasa, yang mampu mengembalikan dan membalikkan keadaan Israel yang menyedihkan di pembuangan menjadi sukacita seperti Eden. Dan Tuhan akan memberikan pengajaran dan hukumNya yang akan menerangi hati bangsaNya dan seluruh dunia. Dan itulah menjadi terang bagi seluruh manusia. Firman itulah yang telah hadir di dalam Tuhan Yesus. Dialah Terang dunia, yang menyisihkan segala kegelapan yang diakibatkan dosa. Bila kita menerima Firman Tuhan Yesus, maka itulah yang menjadi terang bagi jalan kita, sehingga kita tidak tersesat, tetapi akan berjalan di jalan Allah menuju keselamatan. Dengan Terang Kristus itu, mari, ikutlah membawa Terang Firman Tuhan Yesus ke sekitarmu, agar segala kegelapan mereka terusir, dan mereka hidup di dalam terang Firman Tuhan Yesus.

Doa : Tuhan, biarlah Roh KudusMu berkarya dalam kehidupan kami sehingga kami menjadi terang bagi bangsa-bangsa dengan melanjutkan missiMu. Amin. (PMS)