Senin, 30 Desember 2019

KALAHKAN KEINGINAN DUNIAWI DENGAN IMAN

Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita (1 Yohanes 5:4)

Mat. 22:2-9                                BE.127:7                              Why. 14:1-5

  Beberapa hari lagi kita akan mengakhiri tahun ini. Apakah setiap orang, terutama anak-anak Tuhan, selalu mendambakan hidup yang menang atas dunia. Dalam menjalani kehidupan sepanjang tahun ini, rohani kita sering kurang teguh. Akibatnya, kita mudah jatuh bangun dalam dosa dan kesalahan yang sama.

                Renungan hari ini dari 1 Yohanes 5:4 (mulai Ay. 1-5) bahwa keinginan duniawi yakni bersifat memuaskan hasrat ego diri. Ada tiga jenis keinginan manusiawi, yaitu: keinginan daging, keinginan mata, serta keangkuhan hidup (1 Yoh. 2:16). Untuk menaklukkannya hasrat duniawi dengan beriman percaya, hidup bersyukur dan selalu mengasih Allah, Yesus dan Roh Kudus dalam hati kita (Ay. 1). Mempraktekkan kasih Allah dengan mengasihi sesama (Ay.2). Memiliki iman yang bertumbuh dan mengandalkan iman dalam menghadapi setiap persoalan kehidupan. Iman yang mengalahkan dunia adalah iman yang melihat bahwa Allah turut bekerja dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang mangasihiNya (Roma 8:28). Tiga langkah yang perlu dilakukan orang beriman agar menang mengalahkan dunia: 1) beriman percaya kepada Yesus Kristus (Ay. 1; 5). Yesus yang kita sembah adalah Tuhan yang berkuasa, yang telah mengalahkan dunia (Yoha. 16:33). 2) Yakinlah kita dilahirkan dan dibahari dalam Tuhan (Ay. 1b dan 4). Hidup kita diperbarui oleh Tuhan melalui hidup yang dilahirkan kembali atau hidup baru (Yoh. 3:7). Orang yang dilahirkan kembali mengalami pembaruan hidup; meninggalkan kehidupan yang lama dan memperjuangkan kehidupan yang baru, menanggalkan segala keinginan dosa, belajar hidup dalam dalam pertobatan dan kekudusan. (1 Yoh. 5:18). 3) Taat melakukan perintah Firman Tuhan (Ay. 2-3). Orang yang melakukan perintah Tuhan adalah orang yang hidup dalam ketaatan pada Tuhan.

Doa:       Ya Tuhan, ajarkan kami beriman pada Yesus, dibaharui dan taat pada FirmanMu agar hidup kami beroleh kemenangan. Amin. (JB)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.