Jumat, 27 Desember 2019

BAWALAH DAMAI

Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai (Yakobus 3:18)

Mrk. 11:8-11                               BE. 53:1                               Yoh. 1:1-13

  Pasti kita menginginkan, mengharapkan dan merindukan kedamaian dalam kehidupan kita. Kedamaian termasuk kebutuhan yang sangat mendasar dalam kehidupan kita.

Salah satu dari pengajaran Yesus tentang orang yang berbahagia adalah jika dia membawa damai. Mengapa? Karena kedamaian itu adalah kebutuhan mendasar bagi kehidupan manusia. Dipihak lain, kedamaian (damai) adalah pemberian (anugerah) dan bahagian dari kerajaan Allah. Paulus dalam Roma 14:17 mengatakan: “Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus“. Dengan pernyataan ini dapat dikatakan: orang yang tidak membawa damai, tetapi menginginkan terjadi  kerusuhan, pertikaian, keributan  berarti dia berada bukan didalam atau bahagian dari Kerajaan Allah.

Apakah damai (damai sejahtera) itu? adalah tindakan kita melalui perkataan, perbuatan dan pikiran yang memberikan kepada orang lain dan diri kita keadaan hati, jiwa yang nyaman dan sejuk. Damai sejahtera itu adalah tindakan dan kemauan untuk mengampuni dan jauh dari iri hati, dengki, binci dan murka. Damai itu adalah tindakan untuk memisahkan dan menjauhkan diri dan orang dari ketidak adilan tetapi mengarahkan kita dan orang untuk menerima haknya. Damai itu adalah buah  hasil dari keadilan. Dimana ada keadilan disana pasti ada damai sejahtera dan buah dari keadilan adalah damai sejahtera (Yesaya 32:17).

Apakah buah dari kedamaian itu? Tentu hasilnya adalah sukacita dan kebahagiaan itu. Ingat! Peperangan, pertikaian atau perkelahian tidak akan pernah membawa orang bersukacita atau berbahagai, tetapi kesedihan, ketakutan.

Doa:      Tuhan tolong kami agar kami pembawa damai sebagai bukti bahwa kami adalah benar anak-anak Tuhan dan kami menjadi orang yang berbahagia. Amin. (PES)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.