Rabu, 25 Desember 2019

Pesta Natal Hari Pertama

ALLAH YANG PENUH KASIH

Ep.   Mika 7:18-20

  Selamat Hari Natal! Kelahiran Yesus adalah sukacita bagi seluruh umat manusia. Karena dengan kelahiran Yesus itulah, bagi kita orang berdosa ini tersedia Juruselamat. Itulah berita sukacita dari surga melalui para malaikat kepada dunia yang diwakili para gembala di ladang Efrata, yang mengatakan: Hari ini telah lahir bagi, Juruselamat, yaitu Kristus, di kota Daud.

Dalam kelahiran Yesus itulah Allah merealisasikan apa yang tertulis dalam nats kita hari ini. Ketika itu, dosa Israel sudah sangat menjijikkan. Tetapi, masih ada orang saleh yang tersisa, yang terus berdoa seperti tertulis di pasal ini, yang mengharapkan kedatangan Mesias untuk menyelamatkan. Dia sangat yakin, bahwa Allah kita adalah Allah yang penuh kasih setia, yang mau mengampuni dan memaafkan.

Kasih itulah yang menjadi nyata di dalam Tuhan Yesus, seperti dikatakan di Yohanes 3:16. Yesus menjadi manusia untuk menanggung segala dosa. Itulah kasih yang terindah, tak ternilai. Tidak ada allah yang mengasihi seperti itu.

Dan, siapa yang menerima Tuhan Yesus menjadi JuruselamatNya, mengakui segala dosa dan bertobat serta mengandalkan Tuhan Yesus, pasti dosanya sudah dihapus, bahkan dibuang ke tubir laut terdalam, sehingga tidak diingatNya lagi. Karena kasih Yesus itulah, masa lalu kita yang penuh dosa akan dilupakan dan digantikan dengan  hidup kekal.

Karena itu, hari ini, mari, rayakanlah Natal dengan penuh sukacita dan ucapan syukur, karena bagi kita telah tersedia Tuhan Yesus, kasih Allah, yang menjadi Juruselamat kita orang berdosa ini. Dan jangan pernah ragu untuk memohon keampunan dosa dan bertobat, karena Allah pasti mengampunimu. Amin. 

Doa:       Ya Tuhan, kami bersyukur atas kasihMu tak ternilai dalam Yesus, yang Tuhan berikan untuk menghapus dosa-dosa kami. Amin. (STPS)

BAGIMU TELAH LAHIR JURUSELAMAT

Ev. Lukas 2:8-14

  Seorang ibu hampir tidak percaya dan sangat bersukacita ketika sang perawat mengatakan bahwa biaya pengobatan anaknya, yang jumlahnya sangat besar dan tidak mungkin bisa dibayarnya itu–telah dibayar lunas seseorang. Berita itu baginya sangat mencengangkan.

Berita Natal, kelahiran Tuhan Yesus di nats ini juga berita yang sangat mencengangkan. Bisakah Saudara bayangkan, bila saat ini Saudara dan saya benar-benar terpuruk dalam kengerian dosa, dan kita tidak bisa menyelamatkan diri sendiri, tetapi tiba-tiba malaikat Tuhan dari surga datang menghampiri kita dan berkata: Hari ini, bagimu telah tersedia Juruselamat, yang menghapuskan dosa-dosamu tanpa syarat???

Itulah berita Natal. Berita keselamatan. Berita sukacita. Karena bagi dunia, Tuhan Allah yang penuh kasih setia telah mengirimkan AnakNya sendiri, menjadi manusia, lahir di Betlehem, menjadi Juruselamat bagi kita. Itulah Tuhan kita, Yesus Kristus. Dialah Allah yang mau merendahkan bahkan mengorbankan diriNya menjadi tebusan bagi dosa-dosa manusia. Dialah yang membayar semua hutang dosa dan menanggung segala kesakitan akibat dosa kita. Hanya Dia, sekali lagi, hanya di dalam Dia, Yesus Kristus, Anak Allah saja ada keselamatan sempurna.

Karena itu, jangan pernah ragu menjadikan Yesus Kristus menjadi Tuhan dan Juruselamat kita. Jangan pernah ragu mengikut dan menaati serta mengandalkan Dia dalam hidupmu. Karena bila demikian, hidup kita pasti dibebaskan dari dosa, kita selamat, dan hidup kita akan menjadi hidup yang penuh sukacita. Hari ini, mari, bersukacitalah seperti para malaikat dan gembala, karena bagi kita telah lahir, Yesus Sang Juruselamat kita. Amin.

Doa:       Ya Tuhan, hati kami penuh syukur dan sukacita, karena Engkau telah memberikan AnakMu menjadi manusia, menjadi Juruselamat kami. Amin. (STPS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.