Sabtu, 14 Desember 2019

ALLAH MENGHENDAKI PERTOBATAN MANUSIA

Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat.” (Lukas 15:10)

1 Tes. 4: 7-12                          BE. 237: 2                               Flp. 3: 1-11

       Allah tidak berkenan kepada kematian orang berdosa, tetapi hendaklah mereka bertobat dari kejahatannya supaya mereka hidup (Yeh. 33:11). Walaupun manusia itu  semakin jatuh kedalam dosa dan hidup dalam dunia kegelapan, tetapi karena kasih Allah yang begitu besar telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang percaya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Yesus Kristus telah datang ke dunia dan melalui kematian serta kebangkitanNya, manusia berdosa memperoleh pengharapan. 

                Firman Tuhan dalam pasal 15 ini, Yesus memberikan tiga macam perumpamaan tentang sukacita Allah atas pertobatan manusia berdosa. Nats ini merupakan salah satu perumpamaan tersebut yaitu tentang seorang perempuan yang kehilangan satu dirham dari sepuluh dirham miliknya. Setelah menemukan kembali dirhamnya yang hilang, ia memangggil sahabat dan tetangga-tetangganya untuk bersukacita bersamanya. Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat. Yesus mengatakan perumpamaan itu kepada orang Farisi dan ahli Taurat yang bersungut-sungut sebab Dia menerima para pemungut cukai dan orang berdosa, yang datang  mendengarkan Dia serta makan bersama mereka.

                Kita adalah manusia-manusia berdosa yang harus datang kepada Yesus untuk memohon pengampunan, sebab hanya melalui Dialah kita memperoleh pengharapan dan keselamatan. Yesus Kristus adalah Tuhan yang mengasihi manusia berdosa yang mau bertobat dan dengan penuh kasih menunggu kesungguhan kita untuk bertobat.

Doa:      Kami percaya Tuhan, kematian dan kebangkitanMu adalah untuk menyelamatkan manusia berdosa. Bimbing kami Tuhan untuk datang kepadaMu dan bertobat.  Amin. (JN)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.