Minggu, 15 Desember 2019

Minggu Advent Ketiga

HARI TUHAN

Ep. Yoel 2:30-32

Yoel menubuatkan suatu hari Allah akan mencurahkan RohNya atas mereka yang berseru kepada nama Tuhan. Nubuatan  ini merupakan janji Allah bagi setiap orang yang menerima Kristus sebagai Tuhan, karena semua orang percaya dapat dan harus dipenuhi dengan Roh Kudus. Nubuatan yang digenapi sebagai Hari Tuhan, digambarkan dengan mujizat di langit dan di bumi berupa darah dan api dan gumpalan asap. Lambang ini adalah lambang kehadiran dan datangnya Hari Tuhan. Hari Tuhan juga adalah gambaran di mana Kristus akan datang sebagai Hakim Agung yang akan mengadili orang yang hidup dan yang mati. Hari itulah hari kesemalatan, bahwa setiap orang yang berseru kepada Tuhan akan diselamatkan. Orang akan melihat kemuliaan Tuhan, di mana Tuhan sendiri akan datang dalam kemuliaanNya. Implikasi kedatangan hari Tuhan tampak dalam kehidupan kita sekarang ini. Hari Tuhan adalah hari di mana kita bisa merasakan bahwa Roh Allah dicurahkan kepada setiap orang percaya dan memberi kekuatan, pengharapan dan daya dorong kepada setiap orang yang mau percaya kepada Tuhan dan berseru kepadaNya.
                Akan tiba saatnya Roh Kudus dicurahkan kepada semua orang, dan mereka akan dipenuhi dengan Roh Allah, dan mereka akan mampu bernubuat dan berkata-kata dalam suara Tuhan. Apakah saya dan Anda termasuk dalam golongan yang kepenuhan Roh Kudus kelak?  Sebagai orang percaya kita mempercayai bahwa Allah itu adalah Roh; dan Roh Kudus itu sendiri adalah Roh Allah. Sebab Allah adalah Roh, maka kita harus menyembah Dia di dalam Roh. Yesus sendiri menyebutkan bahwa Roh Kudus itu adalah Roh Penghibur. Ia memberikan penghiburan dan kekuatan serta pengharapan kepada setiap orang percaya termasuk kita. Sebab itu, menjelang datangnya Hari Tuhan, mari!  perbaiki kualitas hidup, agar pada saatnya nanti, kita bisa merasakan indahnya kepenuhan Roh Kudus. Amin. 

Doa:       Tuhan, terimakasih karena Engkau telah mencurahkan Roh KudusMu ke atas kami manusia berdosa ini. Terimakasih Tuhan, untuk kasih setiaMu. (DEL)

KEDATANGAN YESUS DAN KESUDAHAN DUNIA

Ev. Matius 24:3-8

Kata-kata Yesus ini ditujukan kepada muridNya dan kepada kita, umat Tuhan yang setia hingga kesudahan zaman dan kedatanganNya kembali untuk memerintah di bumi. Tanda pertama yang merupakan tanda utama menjelang akhir zaman, banyak orang yang menyesat-kan orang, yaitu penipuan di bidang keagamaan yang merajalela di muka bumi ini. Para nabi dan pengkhotbah palsu terdapat di mana-mana.  Seba-gian besar umat dan negara-negara Kristen akan murtad. Banyak orang terlibat dalam ilmu gaib, spiritisme dan pemujaan Iblis. Pengaruh setan dan roh-roh jahat  meningkat. Mereka yang memberitakan Injil Sesat mungkin memperoleh kedudukan kepemimpinan strategis dalam organisasi gereja dan sekolah teologi sehingga mereka berpeluang untuk menipu dan menye-satkan banyak orang di dalam gereja. Akibat penyesatan ini semua orang yang percaya kepada Kristus dibenci dan menghadapi kesukaran. 
                Kristus sangat menginginkan pengikutNya mengetahui penipuan rohani yang akan terjadi di seluruh dunia ini sesaat sebelum akhir zaman ini tiba. Sehingga, peringatan ini diulangi dua kali lagi dalam uraianNya di Bukit Zaitun.  Tetapi jangan takut. Mereka yang sungguh-sungguh setia kepada kebenaran Firman Allah dan yang mengakui dirinya orang beriman akan menerima hidup kekal. Menderita bagi Kristus karena ketaatan kepadaNya dan sabdaNya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari iman Kristen. Untuk ini Yesus mengingatkan kita agar kita tetap saling melayani dengan sikap rendah hati. Apa yang telah di alami oleh Tuhan Yesus juga akan kita alami. Tetapi, dalam Yohanes 13:16 tertulis: “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.” Semua manusia adalah ciptaan Tuhan.

Doa:      Tuhan bersamaMu kami sanggup menghadapi apapun yang akan terjadi di kesudahan zaman ini. Temanilah kami menjalankan perintahMu sampai tiba saatnya Tuhan  memanggil kami. Amin. (DEL) 

About the author: bksmarturia

2 comments to “Minggu, 15 Desember 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. Nian Pardomuan - December 15, 2019 at 3:13 pm Reply

    Amin. Terimakasih Tuhan Yesus Allah kami karena Engkau telah menganugerahkan Roh Kudus kepada kami. Berikanlah kekuatan dan penghiburan serta pengharapan kepada kami yang mengalami pergumulan didlm hidup kami. Terimakasih buat renungan hari kiranya Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.