Kamis, 12 Desember 2019

TUHAN ADALAH MAHATAHU

Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikirianku dari jauh (Mazmur 139:2)

Efs. 2:1-10                                   BE. 183:1                       2 Tes. 1:11-18

        Doa Raja Daud dalam segala kesaksian bahkan pernyataannya dalam sejarah kehidupannya, dengan perlindungan Allah, memberikan kemenangan bagi bangsa Israel, dan mengatakan Tuhan adalah gembalaku, dia telah diselamatkan Tuhan dari musuh-musuhnya. Dia seorang pemberani dan diurapi Tuhan. Dia diberikan berkat dan karunia (Sam 18:28). Dia rendah hati (Sam 18:18). Dalam PL dipuji sebagai Raja Israel yang idial, dalam PB diagungkan sebagai leluhur Mesias. Menyerang Goliat di umban dengan 5 biji kerikil dan membuatnya tidak sadar dan menarik pedangnya dan memenggal kepalanya (1 Sam 17:38-51).

               Dengan tangan Tuhan, dia dapat memimpin bangsa Israel menjadi bangsa yang kuat dan diagungkan dengan nyanyian berbalas-balasan sambil menari-nari, Saul mengalahkan musuh beribu-ribu, tetapi Daud berlaksa-laksa (1 Sam 29:5). Dengan ketulusan hatinya dia bedoa, dan menyampaikan kepada Tuhan, bahwa Tuhan mengetahui dimanapun dia berada, waktu duduk atau berdiri, bahkan Tuhan mengerti pikirannya dari jauh, karena Dia Tuhan tidak dapat dilampaui pikiran manusia.

               Alkitab tidak pernah menutup-nutupi segala dosa atau keburukan watak Daud, dosa Daud seperti tentang Uria dan lain-lain. Tetapi dia telah melakukan kehendak yang baik pada zamanNya (Kis.13:36). Nats ini tentu mengingatkan kita bahwa Allah Zebaot tahu dimana pun kita berada, waktu duduk berdiri bahkan pikiranmu Dia tahu, karena Dia adalah: Omny Present, ada di segala ruang dan segala tempat, presentasikanlah itu dalam hidupmu.    

Doa:      Teguhkan iman kami Tuhan agar kami setia dalam firmanMu, agar kami meninggalkan sifat-sifat yang jahat menjadi manusia yang baru.  Amin. (Vic.S)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 12 Desember 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.