Senin, 9 Desember 2019

TAATI HUKUM-HUKUM ALLAH

Saudara-saudara, inilah yang kumaksudkan, yaitu: waktu telah singkat! Karena itu dalam waktu yang masih sisa ini orang-orang yang beristeri harus berlaku seolah-olah mereka tidak beristeri (1 Kor 7: 29)

Zak. 3:1-4                                  BE. 240:3                          Yes. 28:14-22

  Nats yang menjadi renungan kita hari ini adalah bagian dari nasihat/jawaban Paulus atas pertanyaan jemaat Korintus perihal masalah dan hal-hal yang berhubungan dengan perkawinan. Menurut J. Wesley Brill (penafsir Alkitab) dalam 1 Korintus 7 ini ada delapan pertanyaan. Satu diantaranya adalah pertanyaan nomor tujuh yaitu: “Apakah tidak kawin lebih baik/lebih mulia daripada menikah atau sebaliknya (disarikan 1 Korintus 7:25-35). Jawab Paulus dua–duanya tidak. Perlu disadari tidak semua pertanyaan ada jawabannya dalam Firman Tuhan. Tetapi Paulus menulis nasehat/jawaban tersebut sebagai seseorang yang mempunyai wewenang Rasuli dan sedang berada dibawah ilham (1 Korintus 7:25, 40).

                Oleh karena itu menurut saya, ayat ini mengingatkan kita orang Kristen. Pertama, baik menikah maupun tidak menikah adalah karunia Allah. Secara moral, keadaan yang satu tidak lebih baik daripada keadaan lainnya. Dua-duanya beharga untuk melaksanakan maksud–maksud Allah. Jadi keduanya masing–masing penting dan mensyukuri serta menerima keadaannya  pada saat ini. Setiap orang Kristen penerima karunia baru dari Allah yang berbeda-beda (1 Kor 12: 1-11). Jadi setiap orang mengabdikan diri untuk kemuliaan Tuhan, dengan jalan menaati hukum-hukum Allah misalnya setiap orang menjadi pemberita Injil (1 Kor. 9:16). Pergilah, jadikanlah semua bangsa muridku dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan  kepadamu (Mat. 28:19-20). Kita adalah garam dan terang dunia (Mat. 5:13-16). Jadi setiap orang yang mewujudkan dalam kehidupan berkeluarga, bertetangga, berbangsa dan bernegara dengan menaati hukum-hukum Allah.

Doa:       Tuhan, mampukan dan tuntunlah kami agar dapat menaati FirmanMu diatas segala-galanya. Amin. (SS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.