Jumat, 6 Desember 2019

MENJADI YANG TERDAHULU

KataNya kepada mereka: “Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya.” (Markus 9:35b)

Rm. 8:1-8                                       BE. 39:4                         1 Tim. 1:12-17

  Pandangan Tuhan Yesus berbeda dengan pandangan duniawi yang menganggap bahwa kebesaran seseorang ditentukan oleh seberapa kuatnya seseorang dapat mempengaruhi orang lain di tengah masyarakat. Karena itu terdapat perbedaan pengertian antara dunia sekuler dengan dunia rohani tentang melayani dan dilayani. Dunia sekuler beranggapan kalau seseorang dapat selalu dilayani, dihormati itulah manusia yang berhasil dan yang berpengaruh dan berwibawa. Ternyata bagi Tuhan bukan seperti itu.Tuhan Yesus mengatakan, siapa yang ingin menjadi terdahulu hendaklah dia yang terakhir. Siapa yang ingin  dilayani hendaklah dia melayani terlebih dahulu. Dunia sekuler mendefinisikan kebesaran seseorang dari segi kuasa, harta, martabat dan kedudukan dan selalu dilayani, ternyata di kerajaan Allah tidaklah demikian.

Pengertian kebesaran menurut kehidupan kristiani. Kebesaran seseorang dalam pelayanan Kristiani tidak dinilai dari statusnya, dari kekuasaannya, dari martabatnya atau dari kedudukannya Allah menentukan kebesaran seorang hambaNya bukan berdasarkan dari banyaknya orang yang mengaguminya, melainkan seberapa banyak orang yang adanda layani dengan kebaikan dan ketulusan hati, sehingga orang lain dapat merasakan sentuhan kasih Tuhan dalam hidupnya.

Karena itu kebesaran seseorang di dalam kerajaan Allah bukan diukur dari banyaknya kuasa  otoritas yang dimiliki seseorang  melainkan seberapa banyak kuasa yang dapat kita pakai untuk melayani orang yang membutuhkan pelayanan kita. Inilah bahagian dari sasaran akhir orientasi pelayanan HKBP Tahun 2019 Ulaon parasi ni rohaon.

Doa:       Kuasa Roh KudusMu ya Tuhan menguasai hati dan pikiran kami, supaya kami mampu mendahulukan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri kami. Amin. (ARP)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.