Senin, 2 Desember 2019

GEMBALA YANG BAIK

Tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba (Yohanes 10:2)

Gal. 5:1-5                                    BE. 39:3                              Flp. 2:12-14

  Melalui ayat ini disampaikan bahwa Kristus menyatakan DiriNya kepada umat Israel dengan jalan yang sah sesuai dengan Kitab Suci. Pertama Ia dilahirkan ke dunia oleh seorang perawan, dari umat perjanjian, keturunan Yahudi di kota raja Betlehem.  Ia menaati segala sesuatu yang Allah tuntut dari seorang Israel. Ia lahir dan takluk kepada hukum Taurat (Gal. 4:4). Ia disunatkan ketika berusia delapan hari (Luk. 2:21) dan setelah itu pada pentahiran ibuNya, Ia diserahkan kepada Allah di Bait Allah (Luk. 2:22).

Untuk dia penjaga membuka pintu. “Penjaga pintu” ialah seorang yang mempersilahkan si gembala masuk melalui pintu  dan membawa dia kepada domba-dombanya. Tidak diragukan lagi bahwa yang dimaksudkan dengan “penjaga pintu” disini ialah Yohanes Pembaptis yang mempersiapkan jalan bagi Tuhan. Yohanes Pembaptislah yang dengan resmi memperkenalkan  Sang Gembala kepada Israel ketika ia berkata: tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel (1:31). Ini pengakuan Yohanes Pembaptis. Tetapi untuk penerapannya yang lebih luas, sipenjaga pintu disini bisa berarti Roh Kudus yang menyaksikan Yesuslah Mesias dan sekarang menunjukkan Juruselamat ini kepada setiap orang pilihan Allah.

Kita mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan karena karya Roh Kudus. Yesuslah Gembala Agung bagi kita. Ia menyegarkan jiwa kita dan  yang menuntun kita di jalan yang benar. Dialah yang membaringkan kita di padang yang berumput hijau dan membimbing kita ke air yang tenang. Sekalipun kita berjalan dalam lembah kekelaman, kita tidak takut bahaya sebab Ia beserta kita. Ia menjagai kita bahkan nyawaNya diberikan untuk keselamatan kita.

Doa:      Terimakasih Tuhan Yesus, karena Engkaulah Gembala  Agung bagi kami umat tebusanMu. Bimbing kami untuk setia mengikuti Engkau. Amin. (RP)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.