Sabtu, 30 November 2019

SEMUA BANGSA HARUS MEMUJI TUHAN

Dan lagi: “Pujilah Tuhan, hai kamu semua bangsa-bangsa, dan biarlah segala suku bangsa memuji Dia.” (Roma 15:11)

Kol. 2:6-15                              BE.14:1+6                                 Flp. 2:1-11

  Renungan kita saat ini, melalui Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Roma, mengingatkan bahwa ketika kita beriman kepada Tuhan, maka kita akan memperoleh kekuatan untuk melakukan pekerjaan yang sesulit apapun dengan tetap memuliakan Allah, bukan untuk memperkaya dan memuji diri sendiri. Kita diperintahkan untuk dapat menerima satu dengan yang lain, karena Kristus telah menerima kita, sehingga kita juga harus terbuka menerima orang lain, bahkan bangsa lain sehingga mereka juga memuliakan Allah (Roma 15:7-9).

                Kristus datang ke dunia untuk menggenapi janji Allah, bukan hanya bagi orang Yahudi, tetapi supaya bangsa-bangsa lain, termasuk kita mendapat berkat keselamatan dan memuliakan Allah (Roma 15:10-11). Ada empat hal yang diingatkan: (1) Untuk memuliakan Allah, melalui doa, puji-pujian dan kesaksian hidup kita (Ay.6); (2) Bahwa pujian pada Allah akan membaharui semangat yang pudar (Yesaya 61:3); (3) Sebagai pengikut Kristus, kita dituntut agar hidup rukun dengan orang lain. Kesatuan dalam komunitas orang Kristen akan menjadikan nama Allah dimuliakan, sebagai gambaran kesatuan antara Allah Bapa dan AnakNya Yesus Kristus dan kita jemaatNya (Yoh. 17:21).

                Keempat, kita juga dipanggil bersaksi dan memberitakan Injil keselamatan, sehingga semua bangsa turut memuji Allah (Roma 15:11). Melalui pemberitaan Injil, bangsa-bangsa akan menaruh harapan pada Kristus yang telah menggenapi pewahyuan sebagai Raja bagi seluruh bangsa (Yes 11:10). Kita terpanggil untuk melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus, pergi menjadikan semua bangsa menjadi murid Yesus yang setia, membaptis mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus, serta mengajar mereka (Mat. 28: 19-20).

Doa  :    Tuhan, mampukan kami memberitakan InjilMu, supaya semua bangsa memuji memuliakanMu. Amin. (JB)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.