Jumat, 29 November 2019

IMAN MENDATANGKAN BERKAT

Sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu (Galatia 3:14b)

Mzm.124:1-8                          BE  403:1-2                            Flp. 1:12-18

  Setiap orang tekun berdoa mohon berkat Tuhan, karena percaya bahwa Tuhan akan memberikanNya. Di dalam iman, kita percaya bahwa Tuhan Maha Kaya dan Dia mengasihi manusia, dan Dia akan memberikan semua yang kita minta dalam iman. Yesus sendiri yang mengatakan: “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu” (Lukas 11:9). Sebab itu, doa-doa kita, baik pagi, siang mau pun malam, pada umumnya penuh dengan permintaan berkat.

Abraham merupakan representasi Bapa orang-orang percaya. Sebab itu, mereka yang hidup dari iman disebut juga anak-anak Abraham. Allah membenarkan orang-orang bukan Jahudi oleh karena iman. Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu (Ayat 7-9). Maka jika kita ingin hidup dalam berkat Tuhan, kita harus memiliki iman yang teguh akan Kemaha-kuasaan Tuhan Allah Bapa, kasih setia AnakNya Yesus Kristus dan pembenaran oleh Roh Kudus.

Mengapa berkat erat kaitannya dengan iman? Melalui iman kita memperoleh jalan masuk kepada penggenapan janji Allah. Inti janji Allah adalah keselamatan. Keselamatan adalah ‘ruang’ yang penuh dengan kemurahan Tuhan yang diwujudkan dalam kelimpahan berkatNya. Tidak ada jalan lain menuju janji Allah selain jalan iman. Oleh karena itu sikap utama dalam hidup beriman adalah penyerahan diri kepada Tuhan. Kita berserah karena Tuhan tahu siapa kita, Tuhan tahu kekurangan kita dan Tuhan tahu masa depan kita. Tuhan tau kebutuhan kita hari ini dan besok, dan semuanya akan diberikanNya indah pada waktunya.

Doa  :    Ya Tuhan yang kami sembah di dalam Kristus Yesus,  teguhkanlah iman kami, sehingga kami tetap dapat beroleh kelimpahan berkatMu. Amin. (SSi)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.