Kamis, 28 November 2019

MEMBANGUN DASAR IMAN YANG KOKOH

Mengapa kamu berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan? (Lukas 6:46)

1 Tes. 4:7-12                                   BE. 802:1                         Gal. 4:1-11

  Allah sangat kecewa apabila anak-anakNya tidak melakukan perintahNya; hanya pintar berteori atau banyak bicara saja. Setiap orang yang datang berseru kepada Tuhan dan mendengarkan serta melaksanakan perintahNya, disamakan dengan seorang yang mendirikan rumah yang meletakkan dasarnya di atas batu yang ditanam sangat dalam, sehingga kokoh dan kuat menahan angin dan banjir. Sebaliknya, orang yang mendengar Firman Tuhan, akan tetapi tidak melaksanakannya, disamakan dengan orang yang membangun rumah di atas tanah tanpa dasar, sehingga mudah rubuh dan rusak dihempas angin atau banjir (Ayat 48-49).

              Kekristenan bukanlah sekedar berseru-seru kepada Tuhan, atau bukan hanya menjadi pendengar yang setia, tetapi tidak melakukan apa-apa. Kita harus menjadi pelaku Firman yang setia yaitu melakukan kehendak Yesus. Yakobus berkata: “Hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja, sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri” (Yak. 1:22).

                Nats ini menekankan bahwa kita akan tetap lemah bila hanya dengan mendengarkan Firman Tuhan. Kita menjadi kuat, apabila kita tekun mendengarkan Firman Tuhan dan sungguh-sungguh melaksana-kannya. Kita harus membangun iman percaya sebagai ‘rumah rohani’ kita dengan penuh ketaatan, ketekunan dan kesetiaan berlandaskan Firman Tuhan. Kita berseru kepada Tuhan meminta hikmat dan kekuatan supaya kita dimampukan melaksanakan perintahNya, yaitu melayani Tuhan dan sesama manusia, serta memberitakan InjilNya ke seluruh bangsa di dunia, supaya semuanya menjadi percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya.

Doa  :    Tuhan, kuatkan iman percaya kami kepadaMu, supaya kami tekun mendengarkan FirmanMu dan dengan sepenuh hati melaksanakan perintahMu. Amin. (DEL)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.