Senin, 25 November 2019

SELALU BERSUKUR DAN MEMUJI TUHAN

Aku menghamparkan kainKu kepadamu dan menutupi auratmu (Yehezkiel 16:8b)

Mat. 4:12-17                              BE. 465:1                               Gal. 3:1-14

  Nats ini merupakan sebuah kiasan bagaimana Allah memilih Yerusalem sebagai milikNya. Diceritakan bahwa Yerusalem lahir sebagai tanah Kanaan, dari pasangan orang Amori sebagai ayah dan orang Heti sebagai ibu. Pada saat kelahirannya, tidak ada yang perduli dengan Yerusalem, bahkan dia dibuang ke ladang dalam keadaan telanjang. Mendengar tangisan dan jeritannya, Tuhan menaruh kasihan, membungkusnya dengan pakaian, diberi susu dan makanan, dirawat dan dihiasi menjadi cantik dan dewasa, pantas diperlakukan sebagai isteri Allah. Selaku pilihan dan milik Allah, Yerusalem menerima berbagai berkat dan karunia. Yerusalem semakin harum di seluruh dunia, terutama pada zaman pemerintahan Daud dan Salomo.

                Tuhan menyuruh nabi Yehezkiel menyerukan bangsa Israel mengingat masa lalu mereka; seperti Yerusalem selama ratusan tahun menderita sebagai budak di Mesir. Hanya karena kasih karunia Tuhan, mereka dibawa kembali ke tanah Kanaan, menikmati susu dan madu, beranak cucu dan menjadi bangsa yang terpandang dan disegani oleh bangsa-bangsa lain. Sebagai bangsa pilihan dan milik Tuhan, mereka diharapkan tetap setia memuji Tuhan dengan ucapan syukur.

                Seruan Yehezkiel ini juga ditujukan kepada kita sekarang ini, terutama jemaat Kristen Batak. Kita patut mengingat masa lalu kita sebelum Firman Tuhan dibawa oleh para missionaris ke Tanah Batak. Melalui para misionaris dan hamba Tuhan, kita menerima Firman dan kasih karunia keselamatan yang dianugerahkan Tuhan Allah melalui Yesus Kristus. Sebagai respons atas anugerah Tuhan yang sedemikian besar, kita harus selalu memuji Tuhan dengan ucapan syukur.

Doa  :     Terima kasih Tuhan yang telah menarik kami dari masa lalu yang kelam menjadi milikMu dan hidup bersamaMu. Ajar kami selalu bersyukur memuji Engkau. Amin. (TS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.