Sabtu, 23 November 2019

DITINGGIKAN TUHAN

Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikanNya pada waktunya (1 Petrus 5:6)

Ibr. 9:13-14                                BE. 470:1                            Gal. 2:17-21

  Merendahkan diri disebut juga rendah hati karena dari hatilah terpancar sikap merendahkan diri (Ams. 4:23; Mat. 12:35). Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati. Orang yang rendah hati, rela berfungsi sebagai gembala. Petrus meminta para penetua di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia: “Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. Jangan karena mau memerintah mereka, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu” (Ayat 2-3).

                Setiap orang yang sungguh-sungguh percaya dan mengan-dalkan Yesus Kristus satu-satunya Tuhan dan Juruselamatnya, pasti bersikap rendah hati, karena rasa syukur di dalam hati atas anugerah keselamatan dan hidup kekal dari Tuhan Allah di dalam Yesus Kristus (Roma 6:23b). Karena itu, kita berkomitmen untuk memuliakan dan meninggikan Tuhan Allah di dalam hati yang selanjutnya terpancar pada pikiran, perkataan, perbuatan, dan pekerjaan (1 Kor. 10:31; Kol. 3:23).

        Nats ini juga mengajak kita orang percaya sekarang ini supaya berperilaku rendah hati, dan membuang segala sifat kesombongan. Baiklah kita seperti gembala berkomitmen melayani jemaat dan umat Tuhan dengan sukarela dan sukacita sesuai dengan kehendak Tuhan, bukan untuk mencari keuntungan atau hormat, akan tetapi dengan pengabdian diri; bukan dengan perintah, akan tetapi melalui ketela-danan hidup. Dengan merendahkan diri di bawah tangan Tuhan, kita akan dikuatkan, ditopang dan ditinggikan.

Doa  :     Tuhan, kami datang berserah kepadaMu, karena Tuhan akan meninggikan setiap orang yang rendah hati dan mengandalkan Engkau dalam hidupnya. Amin. (PSW)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.