Kamis, 21 November 2019

TUHAN MEMULIHKAN UMATNYA

Dengarlah firman Tuhan, hai bangsa-bangsa, beritahukanlah itu di tanah-tanah pesisir yang jauh, katakanlah: Dia yang telah menyerakkan Israel akan mengumpulkannya kembali, dan menjaganya seperti gembala terhadap kawanan dombanya! (Yeremia 31:10)

Yes. 64:5-10                             BE. 518:1                            Gal.  2:11-16

  Kitab Yeremia ini memuat catatan abadi dari pelayanan dan berita nubuat, serta menyatakan hukuman Allah yang pasti terjadi dan tidak terelakkan ketika umatNya melanggar perintah Allah. Nats ini secara khusus mengacu pada nubuat Perjanjian Baru, menyatakan kasih setia dan rencana Tuhan memulihkan umatNya. 

               Allah telah menyatakan kasihNya kepada bangsa Israel, yang membebaskan bangsa itu dari Mesir menuju Tanah Kanaan. Akan tetapi ketika bangsa Israel tidak setia dan melanggar perintah Allah, maka Allah menghukum bangsa itu dengan mengijinkan bangsa lain menjajah dan mencerai-beraikannya. Namun akhinya Alah memulihkan mereka. Nubuat Perjanjian Baru ini telah digenapi dengan kematian dan kebangkitan Yesus Kristus (Luk. 22:10), dan kini digenapi di dalam gereja selaku umat perjanjian baru Allah (Ibr. 8:8-13).

              Semua manusia telah berdosa, dan telah kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3:23). Manusia berdosa seharusnya dihukum dalam kematian kekal di neraka (Roma 6:23a). Akan tetapi Allah telah menunjukkan kasih dan keadilanNya melalui pengorbanan diriNya di dalam Yesus Kristus yang rela mati di kayu salib untuk menebus  manusia berdosa. Anugerah hidup kekal ini dapat kita peroleh dengan iman. Orang percaya yang telah dipulihkan, seharusnya menyampaikan kabar baik ini kepada orang lain, agar banyak jiwa yang menuju kebinasaan diselamatkan. Kita dipulihkan, menjadi duta pemulihan!

Doa  :   Terima kasih Tuhan Yesus, untuk anugerah keselamatan yang kami peroleh. Tuntun kami untuk menyampaikan kabar baik, untuk memulihkan orang lain. Amin. (TAS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 21 November 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.