Rabu, 20 November 2019

KASIH KARUNIA ALLAH SEMAKIN NYATA

Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah (Roma 5:20)

Kej.18:20-23                             BE. 9:1+6                               Gal. 2:1-10

  Paulus berkata bahwa semakin manusia berusaha menaati hukum Taurat, mereka semakin sering pula melanggarnya dan berdosa terhadap Allah. Tapi lihatlah betapa Allah mengasihi manusia. Allah semakin mencurahkan kasih karunianya secara berlimpah. Untuk apa? Tidak lain agar manusia bisa diselamatkan dan tidak harus berakhir sia-sia dalam api neraka. Itulah luar biasanya Tuhan yang tidak pernah ingin satupun dari kita tidak selamat. Bahkan Tuhan menganu-gerahkan AnakNya yang tunggal agar siapapun yang percaya pada anakNya tidak akan binasa melainkan memperoleh hidup yang kekal (Yohanes 3:16). Semua itu karena Tuhan begitu mengasihi kita.

Bila kasih Tuhan demikian besar bagi kita, bolehkah kita bertekun dalam dosa? Paulus mengatakan: Sekali-kali tidak! Kita semua yang dibabtis dalam Kristus, telah dibabtis dalam kematianNya. Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia, supaya seperti Kristus yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, maka kita juga akan dibangkitkan dan hidup dalam hidup yang baru. Sebab jika kita telah menjadi satu dengan kematian Kristus, maka kita juga menjadi satu dalam kebangkitanNya. Manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, dan kita tidak boleh lagi mengham-bakan diri kepada dosa (Roma 6:1-6).

Kasih karunia Allah akan semakin nyata dalam kehidupan kita, bila kita semakin menjauhkan hidup kita dari perbuatan dosa, dan bila kita dapat tampil beda menunjukkan kasih kepada setiap orang, sebagaimana Kristus telah mengasihi seluruh umatNya.

Doa  :    Tuhan Yesus yang telah menebus dosa-dosa kami, ajar kami manjaga diri kami supaya tidak diperhamba oleh dosa, dan kasihMu semakin nyata dalam hidup kami. Amin. (SSi)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.