Selasa, 19 November 2019

KE RUMAH TUHAN MENDENGAR FIRMANNYA

Jangalah langkahmu, kalau engkau berjalan ke rumah Allah! (Pengkhotbah 4:17a)

Yoh. 14:1-7                              BE. 399:1-2                       2 Tes. 3:13-15

  Setiap orang dapat mempunyai motivasi yang berbeda untuk datang ke Gereja. Tujuan utama datang beribadah ke Gereja tentu adalah untuk bersekutu dengan sesama orang percaya memu-liakan Tuhan dan mendengarkan FirmanNya. Motivasi tambahan lain, mungkin untuk bertemu dengan sahabat. Setelah sepanjang minggu kita merasa lelah seperti kehabisan baterei melakukan banyak kegiatan, pada ibadah minggu itu kita merasa tenaga kita diperbaharui kembali. Bila sepanjang minggu pikiran kita merasa kalut, melalui ibadah Minggu hati kita terasa kembali dipenuhi oleh damai sejahtera Tuhan. Kita boleh pulang ke rumah kita masing-masing dalam kebahagiaan.

Supaya kita beroleh kebahagiaan dan damai sejahtera tersebut, Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita agar kita menjaga langkah kita memasuki rumah Tuhan. Pertama, tujuan utama kita haruslah untuk mendengarkan Firman Tuhan. Tidak sembarang melangkah tanpa tujuan yang jelas. Fokus mencari kehendak Allah dan memuliakan Tuhan. Mendengarkan Firman Tuhan berarti memperhatikan perintahNya untuk dituruti dan laranganNya untuk dihindari.

 Kedua, menjaga langkah berarti kita harus menjaga hati kita selalu dalam damai dan suci, supaya kita bertemu dengan Tuhan dan dengan sepenuh hati mendengarkan FirmanNya. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Tuhan (Mat. 5:8). Ketiga, menjaga langkah berarti berhati-hati dalam berperilaku dan bertindak, supaya tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain, akan tetapi dapat membawa damai sejahtera bagi sesama seiman. Dengn menjaga hati dan langkah kita, kita dapat berdamai dengan sesama kita.

Doa  :    Ya Tuhan Allah kami, ajar kami untuk menjaga langkah kami menuju rumahMu untuk memuliakan Engkau, dan kami beroleh damai sejahteraMu. Amin.  (DSim)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.