Jumat, 15 November 2019

SELALU HIDUP DALAM KEKUDUSAN

Allah memanggil kita bukan untuk melakukan apa yang cemar, melainkan apa yang kudus (1 Tesalonika 4:7)

1 Yoh. 2:15-17                             BE. 772: 2                        2 Tes. 2:1-12

  Allah menginginkan agar kita selalu hidup kudus, tidak bercacat dan tidak bercela. Tetapi keinginan daging sering mengalahkan keinginan roh, sehingga kita sering membuat kesalahan yang fatal dalam hidup kita. Sebenarnya kita tahu, bahwa hal negatif yang kita lakukan bertentangan dengan firman Tuhan, dan kita sadar bahwa tindakan yang kita lakukan itu adalah buah dan hasil dari sesuatu yang kita pikirkan atau kita inginkan, bukan yang Tuhan ijinkan. 

               Dengan kekuatan sendiri, memang sulit bagi kita untuk melawan keinginan daging, sebab tubuh dan tabiat dosa cenderung menarik kita untuk melakukan tindakan yang semata-mata memuaskan keinginan daging, sehingga untuk selalu hidup seturut dengan kehendak Tuhan jadi terlupakan. Padahal “keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging. Karena keduanya bertentangan, sehingga kita sering tidak melakukan apa yang kita kehendaki menurut Roh” (Galatia 5:17).

                Sebenarnya, jika kita mau dengar-dengaran dan tunduk kepada suara Roh Kudus, maka kita dipimpinNya kepada kehidupan yang berkenan kepada Tuhan. Yohanes 16:13 berkata: “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.” Hidup Kristiani bukanlah soal apakah kita mampu atau tidak, melainkan apakah kita mau atau tidak melakukannya.  Selama kita mau dan siap melakukan FirmanNya, maka Kristus melalui Roh Kudus akan memampukan, menguatkan dan menyempurnakan kita untuk melakukan kehendakNya.

Doa  :    Ya Roh Kudus, mampukan kami untuk mendengar suaraMu. Kami yakin, bersamaMu kami sanggup hidup dalam kekudusan.  Amin. (DEL)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 15 November 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.