Rabu, 6 November 2019

KUASA TUHAN YANG MELEPASKAN

Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini? (Roma 7:24)

1 Kor. 10:14-22                          BE. 463:3                          1 Tes. 2:1-12

  Orang kristen sering terjerat bahkan terjerumus ke dalam dosa akibat etidakmampuannya melawan keinginan-keinginan keda-gingan yang sering menggodanya dalam kehidupan sehari-harinya. Bagaimanapun ketatnya sebuah aturan-aturan yang berlaku di dunia ini, akan tetapi banyak manusia yang sangat licik mencari celah dan kesempatan memenuhi keinginannya walaupun bertentangan dengan aturan Pemerintah dan hukum-hukum Tuhan.

Paulus mengungkapkan apa yang dialami setiap anak Allah. Kita merindukan kekudusan dan kesucian, namun seringkali kita merasa tak berdaya karena terikat pada “tubuh maut” yang berasal dari sifat dosa kita. Sekalipun kita merupakan ciptaan baru dalam Kristus dan tahu bahwa pada dasarnya tubuh jasmani kita sendiri tidaklah jahat, namun kecenderungan untuk berbuat dosa selalu ada pada kita. Inilah yang menyebabkan kita berseru seperti rasul ini, “Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?.

Tetapi dengan kuasa Tuhan yang memberikan RohNya yang kudus dalam hati setiap umatNya, Paulus menjawab sendiri seruannya. Ia mengatakan bahwa melalui pengampunan yang diberikan oleh Allah di dalam Tuhan Yesus, kita dibebaskan dari hukuman kematian, dan kemudian kita dilepaskan di dalam kuasa Roh Kudus yang tinggal di dalam diri kita, sehingga kita dimampukan untuk melakukan kehendak Allah. Dan melalui kuasa Roh Kudus itu, tubuh kita yang fana ini dibebaskan menjadi milik Allah dalam kehidupan kekal. Karena itu terpujilah Allah, karena Kristus telah mematahkan kuasa dosa dan kita dimampukan melepaskan diri dari tubuh maut.

Doa  :    Ya Roh Kudus datanglah dan berkuasa di dalam diri kami, supaya kami dimampukan keluar dari tubuh kebinasaan dan masuk dalam kehidupan yang kekal. Amin. (ARP)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Rabu, 6 November 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.