Kamis, 31 Oktober 2019

ROH KUDUS PEMBIMBING KEHIDUPAN

Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan (Efesus 4:30)

Yoh. 1:5-10                               BE.  106:6                      Mzm. 104:19-35

  Perilaku orang Kristen tentu seharusnya menunjukkan identitasnya sebagai orang Kristen, tidak sedikit orang tidak menyadari bahwa tingkah laku yang di tunjukkan itu sebenarnya tidak matching dengan identitasnya, hal ini bukan hanya terjadi di kalangan jemaat, namun terjadi juga dalam kehidupan hamba Tuhan.  Bahkan tidak jarang kita mendengar hamba-hamba Tuhan yang kasar perilakunya, menjadi hamba uang, bahkan hidup dalam berbagai hawa nafsunya, sehingga Roh Kudus berduka atas perilaku yang demikian, oleh karena itu penting bagi kita untuk memiliki cara hidup yang matching dengan identitas kita sebagai orang Kristen dan hamba Tuhan.  Mari kita untuk menyelidiki dalam kehidupan kita, apakah cara hidup kita sudah berkenan kepada Allah dan menunjukkan identitas kita sebagai orang Kristen?

Paulus mengingatkan bahwa kita orang-orang yang telah mendapat Anugerah Allah, kita yang dulu berjalan dalam kecemaran dan hawa nafsu menuju kebinasaan itu, ditarik keluar oleh Allah supaya kita dibaharui di dalam Roh  dan pikiran kita, sehingga mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya, dengan demikian, jelaslah bahwa pembaharuan yang terjadi dalam orang percaya adalah pembaharuan akal budi atau pikiran seseorang yang semakin serupa Kristus sampai menjelang hari penyelamatan.

Karena itu, Paulus menyadari, bahwa tanda seseorang mengenakan manusia baru itu terlihat dari perubahan akal budi/pola pikir yang dikerjakan oleh Roh Kudus, sehingga nampak dari perilaku kita bahwa Roh Kudus berkarya membaharui akal budi orang percaya.

Doa:       Curahkanlah Roh KudusMu ya Tuhan atas kami untuk membimbing hidup kami setiap saat, sehingga hidup kami seturut kehendakMu saja. Amin. (SSi)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.