Senin, 28 Oktober 2019

TUHAN BERKUASA ATAS HIDUP KITA

Dan setelah berpikir sebentar, pergilah ia ke rumah Maria, ibu Yohanes yang disebut juga Markus.Di situ banyak orang berkumpul dan berdoa (Kisah Para Rasul 12:12)

Kol. 3:5-11                                 BE. 504:1                        Mzm. 50:16-23

  Allah mengizinkan Yakobus mati, sedangkan Petrus boleh hidup untuk pelayanan selanjutnya. Ini merupakan rahasia  Allah.    Setelah sadar dirinya selamat dari kematian, Petrus berkata: “Sekarang tahulah aku benar-benar bahwa Tuhan telah menyuruh malaikatNya untuk menyelamatkan aku.” Memang, banyak cara Allah untuk menyela-matkan manusia. Yang pasti, ada unsur kekuatan doa didalamnya.
                Saat pemimpin jemaat (Petrus dan Yakobus) di penjara dan dianiaya bahkan dibunuh, pekerjaan Tuhan tidak ikut terbelenggu, karena yang meng-hidupkan persekutuan adalah Roh Kudus. Roh Kudus yang bekerja lewat peristiwa tragis dimana Yakobus, seorang Rasul, yang di ijinkan Tuhan untuk mati martir, dibunuh karena Injil; dan, yang berjaya karena iman Kristen tidak mundur atau putus asa. Hal ini harus kita hayati. Roh Kudus bekerja dan menyatakan kuasaNya melalui doa umatNya yang tidak putus-putusnya (Ayat 5,12).

                Ketika Petrus mendapatkan pembebasan secara spektakuler, para umat sedang berdoa. Tetapi, baik Petrus maupun umat yang berdoa tidak segera menyadari karya Roh Kudus itu. Sekalipun orang-orang percaya telah berdoa dengan sungguh-sungguh agar Petrus dilepaskan, mereka masih heran mendengar dari Rode (hamba perempuan) bahwa Petrus datang. Para umat yang berkumpul itu tidak percaya dan menganggap bahwa Rode sedang mengigau (Mat. 18:10; lbr. 1:14). Hal seperti ini sering terjadi pada kita. Kita berdoa dengan sungguh-sungguh dengan penuh keyakinan, tetapi ketika doa kita dijawab, kita lupa bahwa itu adalah berkat dari Tuhan, bukan kehebatan kita.

Doa:       Tuhan, tanpa Engkau kami tidak sanggup menjalani kehidupan ini.  Kami percaya, bersamamu, kami akan beroleh keselamatan. Tolonglah kami Tuhan. Amin. (DEL)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 28 Oktober 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.