Sabtu, 26 Oktober 2019

TANDA YANG DAPAT DIPERCAYA

Maka sekarang, bersumpahlah kiranya demi Tuhan, bahwa karena aku telah berlaku ramah terhadapmu, kamu juga akan berlaku ramah terhadap kaum keluargaku; dan berikanlah kepadaku suatu tanda yang dapat dipercaya (Yosua 2:12)

Kel. 25:17-22                           BE. 724:2-3                        Mzm.  50:1-15

  Peristiwa ini terjadi sekitar 3400 tahun yang lalu, ketika Yosua menggantikan Musa yang telah wafat, memimpin perjalanan bangsa Israel menaklukkan Kanaan. Sebelum penyerangan kota Yeriko, Yosua mengirimkan dua orang pengintai, untuk mengamati kota itu. Dalam upaya pengintaian itu, kedua pengintai bersembunyi di rumah seorang perempuan sundal bernama Rahab. Atas kebaikan dan keramah-tamahan Rahab, yang membantu pengintai, Rahab meminta tanda yang dapat dipercaya, untuk keselamatan dia bersama keluarganya. Pihak pengintai bersumpah bahwa nyawa mereka menjadi jaminan bagi Rahab, bahwa saat  penaklukan Yeriko dilakukan, Rahab dan seisi rumahnya akan selamat. Untuk itu diminta supaya Rahab mengikatkan tali dari benang kirmizi sebagai tanda pada jendela rumahnya.   

             Mengapa Rahab dan keluarganya selamat? Karena dia percaya Allah yang disembah oleh Israel adalah Allah yang Maha Kuasa. Dia mau mengandalkan keselamatannya kepada Tuhan yang menyela-matkan bangsa Israel. Untuk itu dia berlaku ramah kepada pengintai dan meminta tanda yang dapat dipercaya agar mereka selamat! 

                Dunia bersama keberdosaannya akan lenyap dalam kematian kekal di saat kedatangan Yesus yang kedua kali. Akan tetapi bagi setiap orang percaya akan selamat. Tanda yang dapat dipercaya supaya kita selamat adalah iman yang menyelamatkan.

Doa:       Berikan kami Tuhan tanda yang dapat dipercaya, yaitu iman yang menyelamatkan itu. Tuntun kami dalam pertobatan.  Agar pada saat kedatanganMu kelak, kami selamat. Terimaksih Tuhan Yesus.   Amin. (TAS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.