Selasa, 22 Oktober 2019

KARYA TUHAN DAN RESPONS IMAN

Dengan tangan yang penuh aku pergi, tetapi dengan tangan yang kosong Tuhan memulangkan aku. Mengapakah kamu menyebutkan aku Naomi, karena Tuhan telah naik saksi menentang aku dan Yang Mahakuasa telah mendatangkan malapetaka kepadaku.” (Rut 1:21)

1 Yoh. 4:7-16                             BE. 279:2+4                      Ams. 16:1-10

  Naomi adalah pengikut setia Tuhan, tetapi ia mengalami kema-langan besar. Ia dan keluarganya menderita bencana kelaparan dan terpaksa mengungsi ke Moab, negeri penyembah berhala. Disini, Naomi kehilangan suami dan kedua putranya yang menikahi putri-putri Moab. Dalam nats ini, Naomi (artinya “menyenangkan”) merasa, Tuhan telah meninggalkannya (bd. Rut 1:13, 21). Padahal, Allah tetap memperhatikan dia, serta bekerja melalui orang lain untuk menolongnya pada saat ia memerlukan. Seperti halnya Naomi, ketika pengikut Kristus mengalami kemalangan dalam hidupnya; hal ini tidak berarti bahwa Allah telah meninggalkan mereka atau sedang menghukum mereka. Alkitab berkali-kali menekankan bahwa Allah dengan penuh kasih turut bekerja dalam segala sesuatu demi kebaikan kita pada masa-masa sulit. Yang penting kita fokus pada Tuhan.        Karena kemalangannya, Naomi merasa bahwa Allah tidak lagi berkenan kepadanya, bahkan memusuhinya (Rut 1:13,20-21). Panda-ngan ini ternyata salah (Rut 2:20; 4:14-15). Jangan menganggap bahwa semua penderitaan merupakan akibat dari tindakan Allah atau ketidak-senanganNya terhadap kita; Iblis dan perilaku manusia sering mendatangkan kesusahan pada diri kita, terlepas dari pengabdian kita kepada Tuhan. Percayalah, iman kita kepada Allah, sekecil apapun itu, akan membuahkan hasil yang indah. Teladan dan ajaran Naomi kepada Rut membuat iman Rut pada Allah menjadi berbuah manis; membuatnya tetap setia dalam kasihnya kepada Naomi. Rut menjadi contoh dari prinsip ilahi bahwa “barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya” (Mat 10:39).

Doa:       Tuhan, jangan tinggalkan kami di dalam penderitaan. Hanya Engkau penolong dan gunung batu bagi kami. Amin. (DEL)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Selasa, 22 Oktober 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.