Senin, 21 Oktober 2019

BERBAHAGIALAH DALAM PENCOBAAN

Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia  (Yakobus 1:12)

Kej. 4: 2-15                             BE. 230:1+4                        Ams. 15:16-23

  Kehidupan orang percaya tidak selamanya melewati jalan yang mulus, terkadang ada banyak pencobaan dan tantangan yang harus kita jalani. Dalam hal yang demikian, kondisi tersebut sering sekali menjadi momok yang menakutkan dan perlu dihindari. Padahal pada kenyataannya, pencobaan dan tantangan tidak dapat dihindari. Dan ketika pencobaan itu datang, kita cenderung tidak bisa menerima keadaan yang ada sehingga respons kita terhadap pencobaan pun lebih mengarah kepada hal-hal yang negatif seperti marah, kecewa, murung, bersedih, putus asa, stres, bahkan sampai bunuh diri. Akan tetapi, sebagai pribadi yang mengaku sebagai pengikut Kristus, disaat menghadapi pencobaan dan tantangan, secara tidak langsung kita dituntut untuk merespon dan menyikapinya dengan sikap hati yang benar.

Dan Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita akan hal tersebut dimana bahwa ketika diperhadapkan pada berbagai pencobaan kita harus menganggapnya sebagai suatu kebahagiaan.  Dengan kata lain kita harus tetap bisa mengucap syukur,  karena justru melalui pencobaan yang ada kadar iman dan kesungguhan kita dalam mengikut Tuhan sedang diuji dan ditempa. Terlebih apabila kita tetap bertahan, maka lama kelamaan kita akan menjadi kuat dalam menghadapi pencobaan. Dan setelah itu kita akan dilayakkan menerima mahkota kehidupan yang telah dijanjikan Allah kepada setiap kita, yaitu kehidupan yang kekal.

Doa:       Ya Tuhan,tolonglah kami agar tidak sesat meskipun saat ini kami sedang diperhadapkan dengan berbagai macam pencobaan. Teguhkan iman kami untuk tetap berjalan dijalanMu.  Amin. (YMS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.