Sabtu, 19 Oktober 2019

TERANG TUHAN TANDA KEHADIRAN DAN PERTOLONGAN-NYA

Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi
(Kejadian 1:3)

Yoh. 15:11-17                          BE. 781:1-2                       Ams. 14:26-35

  Bagaimana seandainya bila kitab Kejadian tidak terdapat dalam bagian Perjanjian Lama. Tentu kita akan kehilangan informasi penting tentang penciptaan. Bila itu terjadi tentu teori evolusi akan banyak dianut oleh banyak orang di dunia ini. Sayangnya hal itu tidak pernah terjadi sehingga melalui kitab Kejadian ini kita bisa mengetahui darimana manusia itu berasal. Dan melalui kitab Kejadian ini pula semua teori yang bertentangan dengannya menjadi gugur termasuk teori evolusi buatan Darwin.

Melalui kitab Kejadian ini juga kita bisa mengetahui bagaimana caranya Allah menciptakan segala makhluk termasuk manusia. Setiap kali Allah menciptakan sesuatu Alkitab selalu mencatat ”Berfirmanlah Allah.” Contoh;  ”Berfirmanlah Allah: ”Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.” Tanpa Allah berkata atau berfirman maka semuanya tidak pernah ada. Pandangan populer seringkali melihat terang di hari 1 sebagai terang yang berbeda dengan sinar matahari, karena matahari baru diciptakan pada hari 4. Sebagian menyebut ini sebagai terang dari kemuliaan Allah atau sekadar terang tertentu yang terpisah dari matahari.

Kekuasaan Allah atas kegelapan yang digambarkan dengan Roh Allah yang melayang-layang di atas permukaan air, sekarang menjadi lebih kentara. Allah bukan hanya berkuasa atas kegelapan, tetapi Ia juga berkuasa meniadakan kegelapan tersebut. Kehadiran Alah tidak hanya terbatas secara lokal, tetai juga relasional. KehadiranNya membawa pertolongan.

Doa:       Tuhan! Terangilah hati kami untuk melihat perbuatanMu dan berilah kami kekuatan atas kehadiran dan pertolonganMu di dalam kehidupan kami. Amin! (LPH)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 19 Oktober 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.