Jumat, 18 Oktober 2019

YESUS ADALAH YANG SULUNG

Dan ketika Ia membawa pula AnakNya yang sulung ke dunia, Ia berkata: Semua malaikat Allah harus menyembah Dia (Ibrani 1:6)

Mat. 18:1-5                                BE. 256:1-2                        Ams. 8:11-31

  Yesus disebut Anak Tunggal Bapa (Yohanes 3:16), tetapi Dia juga disebut AnakNya yang sulung. Saat Yesus menjadi yang Sulung, maka sesungguhnya ini juga menyatakan  Dia memiliki saudara (adik-adik). Kapankah Yesus berubah status dari Anak Tunggal menjadi Anak Sulung?

Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: AnakKu Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini? dan ‘Aku akan menjadi BapaNya, dan Ia akan menjadi AnakKu?’ (Ayat 5)  Ayat ini menyatakan bahwa Yesus menjadi Anak Sulung ketika tergenapiNya nubuatan yang membuat Bapa mengatakan kepadaNya, “AnakKu Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.” Yang dimaksudkan, bahwa Bapa memperanakkan Yesus disebut dalam Kisah 13:33, “telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: AnakKu Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini.”

Paulus menyatakan, bahwa kebangkitan Yesus sesungguhnya ada di dalam nubuatan di Mazmur 2:7: “AnakKu Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini.” Ini merujuk kepada kebangkitanNya di hari ketiga kematianNya. Ketika Yesus bangkit dari kuburNya, maka Dia tidak lagi menjadi Anak Tunggal Bapa. Dia memiliki saudara, karena Dia menjadi Anak Sulung, yaitu kita sebagai “adik-adik”  rohaniah, dan   menjadi anak-anak Allah serta ahli waris kerajaan sorga. JanjiNya: “Jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia.

Doa:       Terima kasih Tuhan, kami boleh menjadi anak dan ahli waris Allah. Amin. (LasN)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.