Kamis, 17 Oktober 2019

SETIA MENANTI KEDATANGAN KRISTUS 

Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus
(1 Korintus 1:8)

Gal. 5:1-6                                 BE. 501:2-3                           Ams. 6:6-19

  Setelah orang Korintus menerima persekutuan didalam Kristus Yesus, mereka mengalami kemajuan yang luar biasa dalam  segala hal, baik dalam berbagai macam pengetahuan maupun  segala macam kebutuhan hidup. Rasul Paulus  mengirimkan surat penggembalaan kepada jemaat di Korintus agar mensyukuri segala kasih karunia Tuhan yang diberikan kepada mereka. Paulus juga mengingatkan mereka untuk memelihara dan menjaga kekudusan iman percaya kepada Kristus, sehingga tak bercacat sampai tiba hari Tuhan.

                Demikian halnya dengan orang Batak, yang dulu terisolir dan tertutup dengan dunia luar, penganut agama animisme dan sangat tradisional. Tetapi setelah pemberitaan Injil oleh misionaris-misionaris terutama oleh Nomensen, telah membawa perubahan yang luar biasa dalam kehidupan orang Batak. Kemajuan yang dicapai dalam berbagai bidang telah membuat orang Batak dipercaya untuk turut berperan, baik  secara nasional maupun internasional. Tetapi dampak dari kemajuan itu membawa perubahan yang menonjol kepada sifat dan perilaku orang Batak terutama di lingkungan HKBP. Berbagai peristiwa yang terjadi membuat kita prihatin dan perlu mendapat perhatian dan pengkajian. 

                Saudara dan saya tentu turut prihatin mendengar kasus yang terjadi di beberapa gereja HKBP, yang tersebar baik melalui WA maupun langsung. Kita berdoa, kiranya segala permasalahannya dapat segera diselesaikan. Sebagai warga HKBP yang baik, marilah kita tetap menjaga dan memelihara iman percaya kepada Kristus sehingga tak bercacat, serta tidak terpengaruh dengan situasi yang ada.

Doa:       Tuhan, kami percaya hanya dalam Kristua ada keselamatan. Kuatkan iman percaya kami Tuhan agar tetap setia dan tak bercacat sampai pada hari kedatanganMu. Amin. (JN)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 17 Oktober 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.