Rabu, 16 Oktober 2019

KEDAULATAN ALLAH ADALAH MUTLAK

Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: “Mengapakah engkau membentuk aku demikian? (Roma 9:20)

1 Kor. 9:19-25                         BE. 471:1-2                          Ams. 3:27-35

  Paulus dalam suratnya kepada jemaat Roma mengatakan bahwa kendatipun orang Israel menjadi anak pilihan Allah, akan tetapi firman Allah tidak mungkin gagal. Sebab tidak semua orang yang berasal dari Israel adalah orang Israel dan juga tidak semua yang terhitung keturunan Abraham adalah anak Abraham. Artinya: bukan anak-anak menurut daging adalah anak-anak Allah, tetapi anak-anak perjanjian  yang disebut keturunan  yang benar (Ayat 6-8). Anak-anak perjanjian adalah  orang yang mendengarkan firmanNya dan memelihara kewajibannya kepadaNya yaitu: segala perintah, ketetapan dan hukumNya (Kej. 26: 5).

                Allah menaruh belas kasihan kepada siapa yang dikehendakiNya dan Ia mendengarkan hati siapa yang dikehendakiNya (Ayat 18). Allah bermaksud untuk menunjukkan kemurahanNya kepada mereka yang bertobat dan percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, sedangkan mengeraskan hati mereka yang menolak untuk bertobat untuk tetap hidup dalam dosa mereka sehingga menolak keselamatan  di dalam Kristus.   Kita tidak boleh menyalahkanNya atau menentang kehendakNya, karena kedaulatan Allah adalah mutlak.

                Tuhanlah yang empunya hidup kita, dan Tuhanlah yang memimpin hidup kita, dan sepenuhnya hidup kita adalah mutlak ada di tanganNya. Masalah-masalah yang kita hadapi saat ini baik duka maupun duka jangan kita salahkan Tuhan, semua hal itu terjadi seijinNya, karena Dia adalah Allah yang Maha Kuasa. Marilah kita melaksanakan firmanNya dengan sungguh-sungguh dan membritakan InjilNya dengan tekun, sehingga kita memperoleh berkat dan belas kasihanNya.

Doa:       Tuhan Yesus,  bimbing dan kuatkan kami memelihara dan melaksanakan ketetapan dan firmanMu. Amin. (TDLB)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Rabu, 16 Oktober 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. Nian Pardomuan - October 16, 2019 at 6:55 am Reply

    Amin. Tuhan kasihanilah kami. Kami memohon kasih karuniaMu utk menolong kami. Berkatilah jasmani dan rohani kami. Cukupkanlah kebutuhan hidup kami dan limpahilah kepada kami sukacita dan damaiMu. Kuatkanlah kami agar kami mampu menjalani firmanMu sehari-hari. TYM

Leave a Reply

Your email address will not be published.