Selasa, 15 Oktober 2019

BERBUAT BAIKLAH SELALU

Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita–dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah (Kisah Para Rasul 9:36)

Mat. 17:24-27                          BE. 467:2                               Ams. 3:1-12

  Tabita  seorang perempuan yang baik hati dan dermawan. Mendengar Tabita meninggal, Petrus yang sedang dalam pelayananya di Lida,  datang ke rumah Tabita. Pertrus berdoa, sehinggaTabita hidup kembali di mana semua janda datang berdiri dekatnya dan  menangis. Bagi para wanita yang berstatus janda, apalagi tua, dan tidak memiliki pekerjaan, hal itu menjadi pergumulan mereka. Mereka menangis sambil menunjukkan baju dan pakaian sebagai bukti perbuatan baik yang telah dilakukan Tabita semasa hidupnya.

Tabita telah melakukan yang terbaik dalam hidupnya, yaitu pelayanan penyokongan dana bagi  para rasul dan menolong para janda. Tabita meskipun hanya dengan ”jarum dan benang”, telah memberi harapan baru bagi para janda.   Dunia juga mengenal seorang wanita, yaitu Ibu Theresia  yang   mempertaruhkan hidupnya untuk mereka yang terpinggirkan di Kalkuta, India. Awalnya, bukanlah hal besar, atau impian besar yang diimpikan. Ia hanya melakukan yang dapat ia lakukan, sehingga mereka yang terpinggirkan dapat menemukan kasih Ilahi.  

Ibu Theresia,  berkata: kebaikan  yang kau lakukan hari ini, mungkin besok dilupakan orang. Tetapi, teruslah berbuat baik. Berikan  yang  terbaik  dari apa yang kau miliki dan itu mungkin tidak akan pernah cukup. Tetapi, tetap berikanlah yang terbaik. Sadarilah  bahwa  semuanya  itu  ada di antara engkau dan Tuhan. Tidak akan pernah  ada  antara  engkau dan orang lain. Jangan pedulikan apa yang orang lain  pikir  atas  perbuatan baik yang kau lakukan. Tetapi percayalah, bahwa mata Tuhan tertuju pada orang jujur dan  tulus hati.

Doa:       Berikan kami hikmat Bapa agar kami dapat melakukan yang terbaik. Amin. (LasN)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.