Senin, 14 Oktober 2019

Posted on

DOSA MASA LALU TELAH DIAMPUNI

Jawabnya: “Apakah orang itu orang berdosa, aku tidak tahu; tetapi satu hal aku tahu, yaitu bahwa aku tadinya buta, dan sekarang dapat melihat (Yohanes 9:25)

Mat. 15:1-9                             BE. 432:1+3                            Ams. 2:1-15   

Orang berdosa sejak lahir! Pertentangan dan penghujatan dari orang Yahudi, orang Farisi dan Ahli Taurat kepada Yesus setelah Yesus menyembuhkan orang buta. Mereka menyatakan: Orang buta itu pasti orang berdosa, orang buta itu menjawab: Aku tidak tahu, tetapi yang aku tahu, bahwa aku tadinya buta dan sekarang dapat melihat. Jawaban orang buta itu menjadi penghujatan, kepada Yesus. Karena orang Yahudi dalam keyakinannya hanya dogma dan Taurat Agama Yehuda setiap orang yang mengalami penderitaan, kematian dan cacat dalam fisikis dan rohani adalah akibat kejahatan dan perbuatanĀ  dosa.

               Perjanjian Lama banyak terjadi penghukuman Tuhan bagi orang  yang berbuat dosa selalu mendapatkan penghukuman seperti: 1) Raja Saul di ganggu roh jahat setelah dia mau membunuh Daud (1 Sam. 15:10-31). 2) Karena kamu telah berubah setia terhadap Aku ditengah-tengah Israel, dekat mata Air Meriba. Engkau tidak boleh  ke negeri yang Kujanjikan itu, Tanah Kanan engkau aka mati (Ul. 32:48-52). Raja Ahab dan istrinya murtad, peristiwa Nabot (1 Raj 21: 29-24).

               Keberadaan Tuhan Yesus adalah menyalamatkan manusia dari kematian semua dosa dan dosa warisan telah diampuni melalui kematian dan kebangkitanNya. Oleh karena itu saudara dan saya bukan lagi seorang hamba. Aku tidak lagi menyebut kamu hamba jika kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat tuanNya, Aku menyebut kamu sahabat (Yoh.15:14-15).

Doa:       Kami percaya Tuhan, bahwa Yesus lahir,  mati dan bangkit untuk mengampuni dosa kami. Kuatkan kami Tuhan melalui Roh Kudus agar kami tetap setia dalam firmanMu, dan  tidak menyimpang dari kehendakMu. Amin. (VicS)

Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *