Jumat, 4 Oktober 2019

KEMURAHAN DAN KEKERASAN ALLAH

Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasanNya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahanNya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahanNya; jika tidak, kamupun akan dipotong juga (Roma 11:22)

Luk. 6:20-26                            BE. 165:1+4                          2 Kor. 10:1-6

Kasih karunia  Tuhan bukanlah  barang yang dapat kita  pergunakan sesuka hati kita, yang dapat kita pandang sebagai milik kita. Sebab kebaikan hati Tuhan  bukanlah kelemahan hati, sikap lunak yang tidak tahu mempertahankan martabat diri. Kasih karunia sebagai pedang bermata dua, sisinya yang satu adalah kemurahan Allah  yang menerima orang berdosa meskipun mereka tidak layak. Kemurahann itu sudah dialami orang-orang Kristen yang bukan  Yahudi. Akan tetapi sisi balik adalah kekerasanNya, yang justru dialami oleh orang-orang yang menolak atau menyalahgunakan kemurahan itu. Terhadap mereka  kemurahan berbalik  menjadi kekerasan, sikap keras. Demikian halnya orang Yahudi yang telah jatuh. Perkataan jatuh itu dalam Ayat 11-12.

Maka nasib orang Yahudi itu  seharusnya menjadi peringatan bagi orang Kristen bukan Yahudi. Jika mereka tidak tetap dalam kemurahanNya, mereka pun akan dipotong juga. Menyadari  ketergantungan  dari kemurahan itu, tidak menyombongkan kedudukan sendiri terhadap siapapun juga, pendeknya tetap berlindung di dalam kemurahan Allah.

Paulus memberikan suatu peringatan yang penting kepada semua  orang percaya  bukan Israel, yaitu kepada semua gereja, persekutuan atau organisasi Kristen. Ada kemungkinan yang mengerikan  bahwa Allah “akan  memotong” setiap orang, pelayan, gereja atau kelompok gereja jikalau mereka tidak tetap dalam kemurahanNya.

Doa:       Tuhan ajar kami untuk tetap dalam kemurahanMu dan di dalam iman  rasuli dan patokan patokan kebenaran. Amin. (PMS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 4 Oktober 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.