Jumat, 27 September 2019

ALLAH MEMULIHKAN ORANG BERTOBAT

Berbahagialah orang-orang yang berpegang pada hukum, yang melakukan keadilan di segala waktu (Mazmur 106:3)

Gal. 6:1-10                                  BE. 248:1-2                         2 Kor. 7:5-7

  Pemazmur ini mengisahkan pemberontakan Israel dan kemur-tadan yang berkali-kali dilakukan berhubungan dengan ketidak setiaan dalam firman dan jalan-jalan Allah. Pemazmur mengakui dosa-dosa dan ketidaksetiaan mereka dan berdoa agar Allah datang mengunjungi umat-Nya yang bertobat agar memperoleh keselamatan dan berkat yang penuh. Dalam ungkapan pemazmur ini, umat Allah seharusnya secara pribadi dan secara bersama mengakui kekurangan mereka di hadapan Tuhan. Apabila kita mengakui kegagalan rohani kita dan mau bertobat, maka pembaharuan sejati dapat terjadi. 

Renungan sejarah ini agaknya diciptakan pada awal masa pembuangan yang berupa pengakuan dosa seluruh umat. Umat mengakui dosanya dan dosa nenek moyang waktu di Mesir (Maz 106:6) dan waktu nenek moyang mereka mendurhaka (Maz 106:7-12), dan juga waktu di padang gurun mereka memuja anak lembu ( Maz 106:13-23 ), mereka meremehkan tanah yang dijanjikan Tuhan (Maz 106:24-27), dengan melakukan upacara mesum memuja dewa Baal (Maz 106:28-31). Karena itu selayaknyalah mereka dihukum (Maz 106:40-42). Namun Tuhan tetap berbelas kasihan (Maz 106:43-46). Mazmur ini ditutup dengan doa agar umat yang terbuang boleh pulang (Maz 106:47) karena mereka sadar akan dosa-dosa mereka dan mereka mau bertobat atas dosa-dosa yang mereka lakukan.

Sesuai dengan nats hari ini, ukuran yang Tuhan inginkan dalam hidup kita adalah ketaatan kita melakukan hukum Allah dan bertobatlah. Untuk itu Tuhan akan memulihkan kehidupan kita sehingga kita mampu melakukan keadilan di segala waktu.

Doa   :    Bapa, kami datang mengaku dan mohon pengampunanMu 
     atas dosa-dosa kami dan pulihkanlah hidup kami, agar kami
     dapat melakukan keadilanMu. Amin (TSH)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 27 September 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.