Kamis, 26 September 2019

HIDUPLAH OLEH ROH

Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging (Galatia 5:16)

Rm. 2:1-11                               BE. 244:1+4                           2 Kor. 7:1-4

  Paulus menulis surat penggembalaan ini kepada jemaat di Galatia untuk menegaskan bahwa syarat-syarat yang dituntut hukum Taurat tidak ada hubungan dengan pekerjaan kasih karunia Allah dalam Kristus. Juga untuk menegaskan bahwa orang percaya menerima Roh Kudus karena iman kepada Tuhan Yesus Kristus, dan bukan oleh ikatan hukum Taurat. Demikian halnya bagi kita dewasa ini, sebagai orang percaya, kita diselamatkan oleh salib dan kebangkitan Yesus. Roh Kuduslah yang dimeteraikan didalam hati kita, bekerja dalam kuasaNya untuk memperbaharui hidup kita hari lepas hari.

              Sebagai orang percaya, kita diangkat menjadi Anak Allah (Yoh. 1:12), dan Kristus telah memerdekakan kita (Gal. 5:1). Namun kemer-dekaan kita di dalam Kristus jangan dijadikan alasan untuk menuruti tabiat berdosa. Kita diminta agar hidup oleh Roh dan bukan oleh tabiat berdosa (Gal. 5:13-26). Keingingan daging berlawanan dengan keinginan Roh; keduanya bertentangan. Sebab itu kita diminta agar hidup oleh Roh. Hanya dengan demikian maka kita mampu mengalahkan keinginan daging. Hanya dengan hidup dalam pimpinan Roh, maka kita terbebas dari kuasa dosa (Roma 8:2; Ef. 3:16).  

              Apabila kita menuruti keinginan daging, maka yang tampak dalam hidup kita adalah: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, iri hati, amarah, dsb. (Gal 5: 19-21). Akan tetapi jika kita hidup oleh Roh, maka buah Roh akan tampak dalam keseharian kehidupan kita, yaitu: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah-lembutan dan penguasaan diri (Gal. 5:22-23).  Sebab itu, hiduplah oleh Roh!

Doa  :   Pimpin kami oleh RohMu Tuhan dalam perjalanan hidup kami, agar kami boleh memuliakan Engkau dengan   buah yang harum. Terimakasih Tuhan Yesus. Amin. (TAS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 26 September 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.