Rabu, 25 September 2019

TUHAN SETIA MEMELIHARA KITA

Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat (2 Tesanolika 3:3)

Yoh. 8:30-36                             BE. 233:1+3                      2 Kor. 6:11-18

  Paulus mengirimkan surat yang kedua ini untuk kembali mengu-atkan hati, semangat dan iman jemaat di Tesalonika. Paulus sebenarnya mengucap syukur atas keteguhan iman, kasih dan pengharapan jemaat di Tesalonika menerima karunia keselamatan yang dianugerahkan Tuhan Yesus Kristus. Melalui kuasa Roh Kudus, mereka telah menerima Injil dalam rasa sukacita walau mereka terpaksa mengalami penindasan yang berat, sehingga mereka menjadi teladan bagi semua orang percaya di wilayah Makedonia dan Akhaya. Dari pengalaman mereka, Firman Tuhan bergema dan keteguhan iman mereka tersiar ke berbagai tempat lain (1 Tes. 1:3-8).

Paulus percaya dan berdoa supaya jemaat di Tesalonika tetap kuat dalam iman, karena Tuhan itu setia dan akan menguatkan dan memelihara mereka, sehingga selalu terlindung dari maksud jahat dari kuasa-kuasa dunia ini. Namun Paulus berpesan supaya mereka menjauhkan diri dari orang yang tidak mau bekerja dan tidak mau menerima ajaran Kristus. Jemaat Tesalonika diminta meneladani hidup Paulus yang dalam kesibukan yang luar biasa untuk pemberitaan Injil, tetapi tidak lalai bekerja. Paulus tidak makan roti orang dengan percuma, tetapi berusaha dan berjerih payah siang dan malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapa pun (Ayat 6-8).

Nasehat Rasul Paulus terhadap jemaat Tesalonika ini juga berlaku untuk kita sekarang ini. Tantangan untuk memberitakan Injil cukup berat, namun kita tidak boleh takut dan mundur, karena Tuhan akan melindungi kita, dan Roh Kudus akan membimbing kita. Disamping itu, kita tetap menekuni pekerjaan kita sehari-hari.

Doa  :    Terima kasih Tuhan yang setia menjagai dan memelihara kami, supaya kami dapat tekun bekerja dan memberitakan InjilMu dalam rasa sukacita. Amin. (SSi).

About the author: bksmarturia

2 comments to “Rabu, 25 September 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.