Selasa, 24 September 2019

PENGHARAPAN KASIH ALLAH YANG DICURAHKAN ROH KUDUS

Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita (Roma 5:5)

Mrk. 7:1-8                                   BE. 242:2                           2 Kor. 6:1-10

  Surat Paulus kepada jemaat Roma bab 5 ini memberitakan pengharapan yang bersumber dari kasih karunia Allah yang dicurahkan Roh Kudus yaitu hidup damai sejahtera dengan Allah Bapa karena pembenaran iman oleh Yesus Kristus. Suatu pengharapan membuat kita punya tujuan hidup. Tujuan hidup kita sebagai pengikut Kristus adalah mendapat anugerah pembenaran karena iman.

                Tujuan hidup yang jelas akan membentuk perilaku untuk membuat tujuan itu tercapai. Paulus mengajak kita untuk berperilaku yang teguh dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah; serta tangguh dalam kesengsaraan dengan berpegang pada kasih karunia Allah yang dicurahkan Roh Kudus. Apapun yang terjadi di dalam kehidupan kita; kita tahu kesengsaraan akan menimbulkan ketekunan, dan ketekunan membuat tahan uji yang menimbulkan pengharapan yang tidak mengecewakan (Rm.5:2b-5).

                Yesus mengingatkan masyarakat yang masih memegang adat-istiadat tertentu untuk mewaspadai kecenderungan perilaku peribadatan berupa kewajiban seremonial dan eksklusif sesuai adat istiadat yang berlaku, tetapi tidak sesuai perintah Allah. Paulus mengingatkan bahwa selagi waktu perkenanan dan hari penyelamatan, jangan sia-siakan kasih karunia Allah yang kamu terima. Tunjukkanlah dalam segala hal, bahwa kamu pelayan Allah yang memberitakan kebenaran dan kekuasaanNya dalam Roh Kudus dan kasih yang tak munafik (2 Kor.6:1-10). Kita dapat melakukan hal itu dengan mengandalkan bimbingan Roh Kudus.

Doa  :     Terima kasih Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus, yang telah mencurahkan kasihMu dalam kehidupan kami, dan pengharapan kami tidak sia-sia. Amin. (BDFS)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Selasa, 24 September 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.