Senin, 23 September 2019

BERSERU MOHON PEMULIHAN TUHAN

Berserulah kepadaKu, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui (Yer. 33:3)

2 Taw. 17:10-19                         BE. 224:1                         2 Kor. 5:11-18

  Yeremia dalam keadaan dikurung di penjara dan Tuhan menam-pakkan diri. Dari penjara, Yeremia membagikan pesan Tuhan kepada bangsa Israel namun mereka mengabaikannya dan mereka tetap hidup dalam dosa. Kemudian Tuhan mengundang Yeremia untuk melihat kuasaNya tentang apa yang akan Allah lakukan kepada umat. Allah akan melakukan perbuatan besar yaitu pemulihan Yehuda dan Israel. Allah akan mendatangkan kesehatan dan kesembuhan; menyingkapkan kesejahteraan dan keamanan (Ayat 6).

Tetapi Tuhan tidak dapat melakukan hal-hal itu sebelum mereka selesai dengan urusan dosanya. Orang tidak dapat kesembuhan ketika mereka secara konsisten melukai jiwa mereka dengan dosa. Orang tidak dapat kedamaian dan kebenaran ketika mereka mengabaikan damai dan kebenaran. Seseorang tidak dapat diampuni dari dosanya bila dia belum merasa membutuhkan pengampunan dan siap untuk diampuni, kemu-dian mau bertobat dan meninggalkan kebiasaannya berbuat dosa.

Nats ini juga mau mengatakan kepada kita sekarang ini bahwa Tuhan mau memulihkan penderitaan dan kesulitan hidup kita, bahkan menyingkapkan hal-hal yang besar yang tidak terpahami kita, asal kita mau mau bertobat dan berseru minta pertolonganNya. Tuhan adalah sumber dari segalai kebahagiaan, sukacita, dan damai sejahtera. Sebab itu, marilah meminta pengampunan dosa, dan berseru mohon pemulihan segala persoalan hidup kita, maka Allah sumber sejahtera itu akan melimpahkan rahmat dan damai sejahteraNya kepada kita.

Doa  :    Tuhan, kami berseru mengaku dosa kami dan mohon pertolonganMu. Tunjukkanlah hal-hal yang besar yang Tuhan anugerahkan untuk kami. Amin. (DSim)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Senin, 23 September 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.