Sabtu, 21 September 2019

ALLAH PENOLONG YANG SETIA

Namun Engkau, ya Allah adalah Rajaku dari zaman purbakala, yang melakukan penyelamatan di atas bumi (Mazmur 74:12)

2 Tim. 1:12-17                                BE. 206:4                       2 Kor. 5:1-10

  Nats ini merupakan nyanyian ratapan umat karena hancurnya Bait Allah oleh musuh, dan pada waktu itu umat  Yehuda telah dibawa sebagai tawanan oleh tentara Babel. Dalam pergumulan melihat Bait Suci yang rusak tersebut, pemazmur melihat tampaknya Allah seakan-akan diam saja dan tidak berbuat apa-apa di tengah situasi yang menghancurkan baitNya. Menurut pandangan sederhana manusia, sebenarnya sangat mudah bagi Tuhan untuk menyelamatkan umatNya, dan menghukum para musuh yang telah merusak tempat kudus Tuhan.

                Atas apa yang terjadi, pemazmur mengalami pertentangan batin. Namun, di tengah-tengah situasi yang demikian, ia tidak membiarkan dirinya kehilangan iman; ia ingat bahwa Allah yang ia sembah selama ini adalah Allah yang telah membuktikan diriNya berkuasa atas semesta alam, yang telah menyelamatkan bangsanya sejak jaman purbakala. Itulah sebabnya disini pemazmur bersama umat meminta ke hadirat Allah supaya Allah pun mengingat dan menolong umatNya.

Sebagaimana pertentangan batin yang dialami oleh pemazmur, kita pun bisa saja demikian. Mungkin saja kita pernah mengalami sesuatu hal yang menimbulkan kesedihan yang begitu besar, sehingga membuat kita merasa bahwa Allah tidak memperdulikan atau bahkan sudah meninggalkan kita. Akan tetapi di tengah-tengah situasi yang demikian, marilah mengingat kembali karya Allah dalam kehidupan kita selama ini. Ingatlah bahwa Allah telah memberikan Yesus Kristus, AnakNya yang Tunggal untuk mati bagi kita dan itulah yang menjadi jaminan bagi kita bahwa Allah memperdulikan kita; Ia selalu menjagai dan mengasihi kita dan pertolonganNya pasti selalu tersedia.

Doa  :     Tuhan, Engkau adalah Allah yang Mahabesar, yang peduli atas hidup kami. Ajarlah kami untuk selalu percaya bahwa Engkau setia menolong kami. Amin. (YMS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.