Kamis, 19 September 2019

JANGAN MENGHAKIMI SEBELUM WAKTUNYA

Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang. Ia akan menerangi, juga apa yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Ia akan memperlihatkan apa yang direncanakan di dalam hati. Maka tiap-tiap orang akan menerima pujian dari Allah (1 Korintus 4:5)

Mat. 25:31-46                             BE. 209:4                             2 Kor. 4:1-6

  Lebih mudah mengkritik dan menghakimi daripada mencari jalan keluar. Mengkritik hamba Tuhan itu sudah biasa!  Itulah yang terjadi di tengah jemaat Korintus. Mereka menghakimi para hamba Tuhan, termasuk Paulus. Oleh sebab itu, dalam pasal ini, Paulus memberikan pengajaran dan sekaligus teguran kepada jemaat Korintus supaya memiliki sikap yang benar terhadap para hamba Tuhan.

Pertama, mempertegas status para hamba Tuhan. Mereka adalah hamba-hamba Kristus yang diberi tugas khusus, sehingga mereka bukan bertanggung jawab kepada manusia, tetapi kepada Allah (4:1-5). Kedua, Paulus mengungkapkan penyebab perilaku yang tidak sepatutnya dari jemaat Korintus tersebut, sekaligus menawarkan jalan keluar. Sumber masalah sebenarnya adalah kebanggaan diri berlebihan yang melahirkan kesombongan, sehingga menganggap diri sendiri begitu penting (Ayat 8). Paulus menawarkan solusi bagi mereka lewat nasihat sebagai seorang bapa: “Turutilah teladanku!” (Ayat 16). Teladan apakah yang dimaksudkan Paulus? Tidak memandang status diri melebihi yang sepatutnya (Ayat 6), sebuah sikap yang menjadikannya tidak sombong, sehingga tidak jatuh ke dalam dosa menghakimi sesama.

Dari pengajaran Paulus, kita bisa menyimpulkan kunci kehi-dupan bergereja yang damai, yaitu tidak menganggap diri lebih penting daripada orang lain, suka menghargai dan menghormati orang lain, rela merendahkan diri demi Kristus, mudah memaafkan dan membalas kejahatan dengan kebaikan.

Doa  :     Ya Tuhan, jangan biarkan kami mudah menghakimi. Biarlah kami melakukan yang terbaik bagi sesama. Amin (LPH)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 19 September 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.