Jumat, 13 September 2019

DASAR DAN PRINSIP DOA

Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepadaNya (1 Yohanes 5:15)

Zak. 2:1-13                              BE. 288:2-3                          2 Kor. 2:5-11

  Dasar doa  hanyalah pada kenyataan sederhana bahwa Allah  mendengarkan doa-doa kita. Kata yang dipakai Yohanes untuk kepercayaan dalam bahasa Yunani adalah kata parresia, artinya kebebasan untuk berbicara, kemerdekaan untuk bicara secara terus terang yang terdapat dalam suatu demokrasi sejati. Dengan Allah kita mempunyai kebebasan untuk berbicara. Ia senantiasa mendengarkan doa kita, dan Dia bebas untuk menjawab atau tidak. Prinsip doa adalah: bila ingin dijawab maka itu harus sesuai dengan kehendak Allah.

Dalam doa kita harus tunduk pada Allah dan memohon supaya kehendakNya terjadi dalam kehidupan kita (Yoh. 14:13). Pada saat lain kehendakNya itu hanya dapat diketahui ketika kita sungguh-sungguh  mencarinya. Setelah kita mengetahui kehendakNya mengenai suatu pokok tertentu, maka kita dapat meminta dengan yakin dalam iman. Apabila kita melakukan ini, kita mengetahui bahwa Dia mendengarkan kita dan bahwa maksudNya bagi kita akan tercapai. Salah satu contoh permohonan dalam doa Yesus dalam Doa Bapa kami, membenarkan prinsip, jadilah kehenkMu di bumi seperti di sorga (Mat 6:10).

Kita selalu cenderung berfikir bahwa doa adalah meminta kepada Allah apa yang kita kehendaki, sedangkan doa yang benar adalah meminta Allah untuk apa yang Dia kehendaki. Doa bukan hanya sekedar berkata-kata kepada Allah, tetapi lebih-lebih lagi mendengarkan   apa yang Dia mau katakan. Agar doa kita didengar, ada syarat yang harus dipenuhi. Doa kita akan dijawab bila kita memiliki iman yang tulus, percaya bahwa kita akan menerimanya (Markus 11:24).

Doa  :    Bapa kami yang di sorga dengarlah doa kami, sesuai dengan kehendakMu, karena Engkau-lah yang mengetahui kebutuhan kami setiap hari. Amin. (PMS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 13 September 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.