Kamis, 12 September 2019

DIKENAL DAN DIBERKATI TUHAN

Sejak Aku mengangkat hakim-hakim atas umatKu Israel, Aku mengaruniakan keamanan kepadamu dari pada semua musuhmu. Juga diberitahukan Tuhan kepadamu: Tuhan akan memberikan keturunan kepadamu (2 Samuel 7:11)

Luk. 4:38-44                             BE. 128:3                           2 Kor. 1:12-22

  Daud dikenal dan dipilih oleh Tuhan menjadi raja Israel. Dia telah diurapi Tuhan melalui perantaraan seorang hakim yang bernama Samuel. Setelah Daud menjadi raja atas seluruh Israel, Hiram, raja Tirus mengirimkan kayu alas dan tukang-tukang untuk mendirikan istana bagi Daud. Daud sadar bahwa Tuhan telah menegakkan dia sebagai raja atas Israel, dan telah mengangkat martabat pemerinta-hannya (2 Sam. 5: 11-12).

Menyadari istananya yang begitu megah, Daud bermaksud mendirikan bait Allah, untuk tempat tabut Allah yang selama ini hanya di bawah tenda. Namun, melalui nabi Natan, Tuhan memberikan pesan untuk tidak mewujudkan niatnya itu. Tuhan akan mengangkat keturu-nannya, yaitu Salomo menjadi raja menggantikan Daud, dan raja Salomo-lah yang akan mendirikan bait Allah tersebut. Tuhan juga menjanjikan akan memberikan keamanan bangsa Israel dari serangan musuh-musuh. Daud pun mengikuti semua perintah Tuhan yang disam-paiklan melalui nabi Natan, dan Daud pun hidup dalam damai.

Daud mendengarkan suara Tuhan dan melaksanakan perin-tahNya. Maka kerajaan Daud pun terus kokoh dan berlanjut kepada keturunannya, yaitu Salomo, hingga kepada Yesus Kristus. Atas ketaatan Daud melaksanakan perintah Tuhan, keturunannya juga menjadi terberkati. Sebab itu, marilah seperti Daud taat melaksanakan perintah Tuhan supaya kita dan keturunan kita layak menerima berkat Tuhan, dan kita bersama Tuhan untuk selama-lamanya.

Doa  :    Tuhan, berikanlah kepada kami ketekunan mendengarkan dan melaksanakan FirmanMu, supaya kami dan keturunan kami layak menerima berkatMu. Amin. (AHSim)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Kamis, 12 September 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.