Rabu, 11 September 2019

PEMULIHAN KEMBALI KE FIRMAN TUHAN

Janganlah kamu seperti nenek moyangmu yang kepadanya para nabi yang dahulu telah menyerukan, demikian: Beginilah firman Tuhan semesta alam: Berbaliklah dari tingkah lakumu yang buruk dan dari perbuatanmu yang jahat! Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau menghiraukan Aku, demikianlah firman Tuhan (Zakaria 1:4)

Mat. 8:14-17                             BE. 116:2-3                          2 Kor.1:8-11

  Setelah Babel ditaklukkan oleh Raja Koresh dari Persia, maka orang-orang Yahudi yang selama 70 tahun menjadi orang-orang buangan di Babel, di-ijinkan pulang kembali dan membangun kembali Bait Allah di Yerusalem. Pembangunan kembali Bait Allah tidak lancar, cenderung dihalang-halangi. Disitulah Nabi Haggai dan Zakaria bekerja, bernubuat dan berseru-seru agar mereka bertobat dan memper-baiki ahklak dari tingkah laku yang jahat dan buruk. Dan jangan seperti perilaku nenek moyangnya yang tidak menaati firman Tuhan.

Oleh karena itu, ayat renungan kita hari ini mengingatkan akan hal-hal sebagai berikut: Pertama, Allah mengingatkan jangan serupa dengan nenek moyang mereka tidak mau bertobat dari perbuatannya yang buruk dan jahat. Karena setiap orang bertanggungjawab di hadapan Allah atas semua tindakannya. Akhirnya setiap orang dituntut untuk kembali kepada Firman Allah.

                Kedua, upah dosa ialah maut, tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus Tuhan kita (Rom 6:23). Oleh karena itu setiap orang harus berusaha dengan sungguh-sungguh menghindari dosa. Ingat kata Yakobus 4:8 mengatakan: Mendekatlah kepada Allah dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu hai kamu orang-orang berdosa dan sucikanlah hatimu. Pelajarilah Firman Allah supaya kita tidak mengulangi kesalahan-kesalahan masa lalu.

Doa  :    Tuhan, mampukan kami untuk selalu dekat kepada Tuhan dan menjauhi perbuatan yang jahat dan buruk. Mampukan kami melakukan FirmanMu. Amin. (SS)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Rabu, 11 September 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.