Senin, 9 September 2019

ALLAH MENYERTAI UMAT PILIHANNYA

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman Tuhan, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah
(Yeremia 30:11)

Yak. 5:13-18                                BE. 169:1                               Rat. 5:1-22

  Nats ini memuat janji Tuhan untuk menyertai dan memulihkan umat pilihanNya, Israel. Allah bukan hanya menghibur, tetapi juga menyelamatkan mereka dari keterpurukan di Babel. Dari nats ini kita bisa merenungkan bagaimana kita bersikap, bila mengalami seperti penderitaan Israel. Pertama, semua orang akan mengalami waktu-waktu sulit seperti sakit, kecelakaan dan frustasi, sehingga tidak mendapat cara untuk mengatasinya apalagi untuk menolong orang lain. Bila demikian, kita tidak boleh kehilangan iman dan pengharapan pada Tuhan.

Kedua, tidak ada yang mustahil bagi Allah. Banyak tindakan-tindakanNya yang tidak terduga. Ingat cara Allah menyelamatkan bangsa Israel dari pengejaran pasukan Firaun di tepi laut Teberau! Dalam kondisi terkepung, Tuhan memerintahkan Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan kuasa Tuhan membelah air laut itu, sehingga bangsa Israel dapat melanjutkan perjalanan. Setelah mereka tiba dengan selamat di seberang, kuasa Tuhan mengembalikan air laut itu dan menengge-lamkan seluruh pasukan Mesir. Bangsa Israel selamat.

Demikianlah dalam kehidupan kita sekarang ini, kita mungkin menghadapi berbagai kesulitan, pergumulan dan tekanan hidup. Dalam semua hal itu, kita tidak boleh kehilangan iman dan pengharapan. Ingatlah bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Dia telah melakukan banyak mujizat dalam kehidupan kita. Dia akan selalu menyertai kita dan menyelamatkan kita asal kita berserah kepadaNya.

Doa  :    Terima kasih Tuhan yang selalu menyertai dan mengasihi kami sebagai umat pilihanMu. Amin. (MPSil)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Senin, 9 September 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.